alexametrics

Pemprov Genjot Pembangunan 10 Rest Area Lintas Sulsel

21 Januari 2019, 18:55:07 WIB

JawaPos.com- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sedang fokus merampungkan seluruh pembangunan rest area tranportasi darat lintas kabupaten/kota. Dari 10 daerah yang ditarget, rest area di desa Lawallu, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, digenjot penyelesaiannya oleh Pemprov Sulsel.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, rest area yang dibangun bertahap menggandeng pemerintah kabupaten/kota masing-masing daerah.

“Kami pemerintah provinsi hadir sebagai induk dari pemkab dan pemkot. Kami ini tidak memiliki lahan, yang memiliki lahan hanya pemkab dan pemkot. Kami hanya menyediakan konsep, lalu mari sama-sama join,” ungkap Nurdin usai meninjau rest area Barru, Senin (21/1).

Nurdin mengatakan, satu rest area sebelumnya telah selesai dibangun di perbatasan kabupaten Bantaeng – Jeneponto. Lokasinya terletak Desa Bonto Jai dan diresmikan pada September lalu.

Dia memiliki gambaran ideal mengenai rest area yang dibangun di Barru. Sarana peristirahatan ini mesti dapat digunakan secara optimal oleh masyarakat yang melintas.

Selain jadi tempat melepas lelah, rest area di Sulsel rencananya akan diisi dengan berbagai fasilitas penunjang. Mulai dari pedagang kaki lima, apotek, klinik, musala, tempat refleksi hingga infrastruktur lain seperti toilet yang nyaman, serta jika memungkinkan SPBU. Selain sebagai tempat usaha, rest area juga bisa difungsikan menjadi tempat rekreasi.

Rest area dapat memberdayakan ekonomi masyarakat di sekitarnya. Merekrut tenaga kerja lokal, rest area juga akan dilengkapi dengan swalayan. Toko ini untuk menampung semua hasil produk unggulan masyarakat daerah,” terangnya.

Dia mencontohkan Kabupaten Barru yang identik dengan pertanian. Berbagai hasil produk tani dari masyarakat bisa dipasarkan kepada pendatang melalui rest area. “Jadi masyarakat akan membawa sendiri hasil pertaniannya, dan kami akan buatkan sistemnya nanti. Pengelolaan kami serahkan kepada pemkab dan pemkot,” imbuh Nurdin.

Sementara itu, Bupati Barru Suardi Saleh menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 4,7 hektare untuk rest area. Untuk pembebasan lahan, pemkab menyediakan anggaran senilai Rp 4 miliar. Dia juga menjamin lokasinya cocok untuk dijadikan tempat perisirahatan.

“Secara jarak, posisi lokasi ini view-nya cukup bagus. Sehingga mungkin kita bisa melihat persawahan dan rel kereta api,” ungkap Suardi.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Sahrul Ramadan


Close Ads
Pemprov Genjot Pembangunan 10 Rest Area Lintas Sulsel