alexametrics

Kapal Motor Tenggelam Dekat Dermaga, Naila Meninggal, 12 Masih Hilang

21 Januari 2019, 09:35:59 WIB

JawaPos.com – Satu unit kapal motor tenggelam saat menyeberang Sungai Kapuas di Desa Nanga Seberuang, Kecamatan Semitau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Sabtu malam (19/1). Seorang penumpang tewas dan 12 orang yang lain masih dalam pencarian.

Kapal motor nahas itu menyeberang dari dermaga PT Berlian Estate menuju penyeberangan dermaga PT SJRE. Kapal motor tersebut membawa 24 penumpang dan sembilan sepeda motor. Nah, saat jarak dengan Dermaga SJRE tinggal sepuluh meter, kapal motor yang dikemudikan Gunawan itu tiba-tiba tenggelam.

”Begitu kapal motor tenggelam, penumpang berusaha menyelamatkan diri. Sebelas orang selamat dan kini dirawat di Puskesmas Seberuang,” terang Kasatreskrim Polres Kapuas Hulu Iptu Siko Sesatria Suma Putra.

Kapal Motor Tenggelam Dekat Dermaga, Naila Meninggal, 12 Masih Hilang
KORBAN SELAMAT. Para korban selamat atas peristiwa kecelakaan karamnya kapal motor penyeberangan sungai Kapuas di Kecamatan Semitau, Sabtu (19/1). (Polisi for Rakyat Kalbar/Jawa Pos Group)

Sebanyak 13 penumpang yang lain tenggelam. Seorang di antara mereka ditemukan meninggal dunia. ”Korban meninggal bernama Naila,” terang Siko. Sementara 12 penumpang yang lain dinyatakan hilang. Hingga tadi malam, tim gabungan masih melakukan pencarian.

Korban hilang adalah Lina, Hana, Vincent Balu, Roni, Charles, Oce, Eman Tuga, Aster, Harka, Don, Stepanus, dan Julio. Sedangkan korban selamat adalah Nimus, Ucil, Oni, Kradus, Lena, Vonsa, Kerin, Kevin, Berpin, Olan, dan Sipri. Semua disebut Siko asal Kapuas Hulu.

Pengemudi kapal motor nahas itu, Gunawan, selamat. Polisi pun sudah mengamankan dia. Bukan hanya itu, polisi juga telah memintai keterangan pengemudi kapal motor nahas itu. ”Dugaan sementara, kapal motor kelebihan muatan,” ujar Siko kepada Pontianak Post (Jawa Pos Group).

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak Hery Marantika menyatakan, ada dua tim yang diterjunkan untuk mencari 12 korban yang hilang. ”Satu tim dari pos pencarian dan pertolongan Sintang. Satunya lagi dari Pontianak,” paparnya.

Hery menegaskan, tim yang diterjunkan akan berusaha maksimal untuk menemukan 12 korban hilang. Sebab, tim tersebut berangkat dan bekerja dengan peralatan evakuasi yang komplet. Harapannya, mereka bisa segera menemukan para korban tersebut. ”Kami akan terus berupaya,” katanya. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (arf/JPG/c4/fim)



Close Ads
Kapal Motor Tenggelam Dekat Dermaga, Naila Meninggal, 12 Masih Hilang