alexametrics

Usut Dugaan Pelecehan Seks, Ombudsman Panggil Rektor UGM

20 Desember 2018, 12:25:37 WIB

JawaPos.com – Pemeriksaan kasus dugaan pelecehan seks terhadap mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) terus berlanjut. Peristiwa disebutkan terjadi saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada 2017 silam. Guna mengusut kasus tersebut, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) akan memintai keterangan Rektor UGM Panut Mulyono.

“Ada beberapa hal yang kami kira dari Ombudsman perlu penjelasan langsung dari rektor. Supaya lebih valid, rektor yang lebih pas menyampaikan,” kata Kepala Keasistenan Penyelesaian Laporan ORI DIJ Nugroho Andriyanto ditemui di kantornya, Kamis (20/12).

Nugroho tak menjelaskan secara rinci terkait keterangan apa yang diperlukan dari rektor. Ia hanya menyebut bahwa konfirmasi ini terkait data dan informasi sementara yang telah didapatkan dari keterangan kalangan UGM. “Perlu respons langsung dari rektor,” ucap Nugroho.

Upaya menghadirkan Rektor UGM sudah dilakukan dengan mengirim surat ke kampus. Yang bersangkutan dijadwalkan diperiksa hari ini. “Harusnya hari ini. Tapi ada beberapa kegiatan di UGM. Jadi ditunda sampai beliau senggang. Kami juga berusaha menghubungi rektorat,” beber Nugroho.

Dalam pengusutan kasus itu, beberapa dosen UGM sudah dimintai keterangan. Baik dari Fakultas Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol), maupun Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di KKN. “Mudah-mudahan (rektor) ini yang terakhir. Kecuali kalau memang ada perkembangan baru,” ujarnya.

Setelah menyelesaikan pemeriksaan, hasilnya akan disampaikan ke pihak terkait. Yakni, UGM dan supaya bisa dijalankan. “Kalau memang dari hasil pemeriksaan akhir itu tidak dilaksanakan, baru nanti diserahkan ke ORI Pusat,” ucapnya.

Seperti diberitakan, HS diduga melakukan tindak pelecehan seksual terhadap rekannya saat KKN di Seram, Maluku pada 2017 silam. Kasus itu kembali mencuat beberapa waktu belakangan.

Rektor UGM pun telah meminta maaf terkait lambatnya penanganan kasus. Sehingga berdampak serius secara psikologis, finansial, serta akademik kepada penyintas dan terduga pelaku.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (dho/JPC)



Close Ads
Usut Dugaan Pelecehan Seks, Ombudsman Panggil Rektor UGM