alexametrics

RS Siloam Akan Ditagih Biaya Perbaikan Sinkhole

20 Desember 2018, 11:15:01 WIB

JawaPos.com – Sinkhole di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, masih dalam proses perbaikan. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bekerja sama dengan para ahli dan pekerja konstruksi.

Semua proses perbaikan akan menggunakan dana APBD. Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Surabaya yang akan menghitung semua total biayanya. Ada kemungkinan, biaya perbaikan diambil dari sisa lelang.

Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana mengatakan, pemkot akan membebankan semua biaya perbaikan sinkhole kepada pihak RS Siloam dan kontraktornya. Tapi soal RS Siloam sanggup bayar atau tidak, Pemkot Surabaya menyerahkan sepenuhnya kepada kepolisian.

“Akan kami tagihkan lagi ke pihak swasta yang bertanggung jawab. Bukan berarti itu (perbaikan jalan) menggunakan APBD dan tidak diganti mereka. Ya nggak bisa begitu,” kata Wisnu saat di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Kamis (20/12).

Namun, Wisnu tidak menyatakan kapan mulai menghitung biayanya dan perbaikan dapat diselesaikan. Yang jelas setelah upaya perbaikan selesai, proses hukumnya akan dimulai.

Terkait progres perbaikan, Pemkot Surabaya telah berkoordinasi dengan PDAM dan PLN. Semua pasokan air dan listrik dipastikan telah tersedia. Sekalipun PDAM menutup aliran air di lokasi amblesnya jalan.

Pemkot Surabaya dan PDAM telah membuka sumber air alternatif di sekitar lokasi amblesnya jalan. “Semua dikerjaakan hari ini. Perhitunhan kami yang semula, sekian hari. Kami usahakan lebih cepat. Sehingga masyarakat dapat segera mengakses jalan tersebut,” tutur Wisnu.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
RS Siloam Akan Ditagih Biaya Perbaikan Sinkhole