alexametrics

Hore! Akhirnya Anies Groundbreaking ITF Sunter

20 Desember 2018, 09:56:33 WIB

JawaPos.com – Setelah menunggu selama bertahun-tahun, akhirnya pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter terealisasi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Direktur PT Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Daryoto melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan ITF, hari ini Kamis (20/12).

Anies menyatakan akan membuat ITF ini sebagai contoh bagi daerah lain, maupun negara lain. Sebab, dengan kapasitasnya ITF mampu mengolah seperempat dari produksi sampah di Jakarta.

Hore! Akhirnya Anies Groundbreaking ITF Sunter
Setelah menunggu selama bertahun-tahun, akhirnya pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter terealisasi (Reyn Gloria/JawaPos.com)

“Selama ini kami hanya membuang sampah atau dikumpulkan di Bantar Gebang, itu sudah tidak lagi sanggup untuk menampung pada tahun 2021. Dengan adanya ITF ini kami mengatasi itu dan akan bangun lagi,” jelasnya di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (20/12).

Kecanggihan ITF ini, jelas Anies, memiliki standar lingkungan hidup sangat tinggi, jadi ITF ramah lingkungan. Aturan ini mengikuti ketentuan di Eropa yang di pakai oleh Fortum. 

“ITF ini bisa didatangi dan bisa dilihat sehingga jadi tempat pendikan bagi warga,” ungkapnya.

Teknologi yang digunakan nantinya bisa mengonversi energi panas menjadi energi listrik. Anies bahkan menyebut bisa menghasilkan 35 megawatt dan semua residu dapat dipakai kembali.

“Residu bisa dipakai kembali, baik berbentuk debu, berbentuk metal maupun bisa juga digunakan sebagai bentuk tanaman, jadi Insya Allah pemanfaatanya sangat optimal,” pungkasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (rgm/JPC)

Hore! Akhirnya Anies Groundbreaking ITF Sunter