alexametrics

Dibuka Malam Ini, Pembangunan Tol Wilangan-Kertosono Sempat Dikebut

20 Desember 2018, 18:59:56 WIB

JawaPos.com – Tol ruas Wilangan-Kertosono dibuka mulai nanti malam. Pagi ini, Presiden Joko Widodo meresmikan jalan bebas hambatan sepanjang 37,9 kilometer itu di Jombang, Jawa Timur.

Peresmian itu berarti jalan tol trans-Jawa hari ini tersambung. Dari Merak, Banten, sampai Grati, Pasuruan, Jawa Timur.

Jelang peresmian proyek nasional tersebut, ratusan pekerja terlihat mengebut realisasi fisik di sejumlah titik yang belum tuntas. Terutama di interchange dan tiga titik overpass atau jalan layang. Yaitu, overpass Mungkung, Gempol, dan Gebangayu.

Bahkan, hingga tadi malam, para pekerja terlihat tetap menggarap kelengkapan tol yang pagi ini akan dilewati presiden. Mulai menyelesaikan pembuatan median hingga membangun dinding pengaman tol.

Konsentrasi pekerja paling banyak terlihat di interchange. ”Pekerja memang terus menggarap sampai malam,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Tol Trans-Jawa Solo-Kertosono Bedru Cahyono.

Hingga kemarin, menurut Bedru, fisik tol sudah tuntas sekitar 98 persen. Selain menuntaskan pembangunan tiga overpass dan interchange, mereka tinggal menyelesaikan kelengkapan tol. Misalnya, memasang rambu-rambu. Baik rambu-rambu kecil berisi peringatan batas kecepatan maupun rambu dilarang berhenti. Pihaknya juga harus membuat rambu-rambu besar untuk penunjuk arah.

”Karena rambu besarnya belum selesai, untuk operasional Nataru (Natal dan tahun baru, Red), kami pasang rambu sementara,” lanjut Bedru sembari menyebut dari total 10 titik yang harus terpasang, baru tiga yang sudah jadi.

Di luar kelengkapan tersebut, menurut Bedru, tol Wilangan-Kertosono sudah siap dioperasikan untuk Nataru. Sebab, pengecoran sudah menyeluruh. Hanya menyisakan bagian interchange yang pembebasan lahannya baru tuntas 10 Desember lalu.

Bagaimana dengan tiga overpass yang belum selesai? Bedru menegaskan, pihaknya akan menutup overpass tersebut. Dengan begitu, pengendara tetap bisa melewati akses jalan di bawah. ”Tidak masalah,” terangnya memastikan ada enam overpass yang bisa beroperasi.

Lebih jauh, Bedru mengungkapkan, pasca peresmian pagi ini, pihaknya akan terus melanjutkan pembangunan tol. Sesuai target, proyek nasional yang dimulai sejak 2015 itu bisa tuntas pada 30 Desember nanti. ”Paling lambat 30 Desember tuntas semua,” ucapnya.

Untuk diketahui, sedianya peresmian tol Wilangan-Kertosono dilakukan di lokasi interchange. Tetapi, lokasi peresmian kemudian bergeser ke Bandarkedungmulyo, Jombang, yang ada di perbatasan Jombang-Nganjuk. Meski demikian, satpol PP, Polres Nganjuk, dan Kodim 0810 Nganjuk tetap melakukan pengamanan di sepanjang rute yang akan dilewati presiden. Termasuk di lokasi interchange.

Persiapan angkutan Natal dan tahun baru sudah dilakukan. Pemerintah telah melakukan pemetaan jalur, moda, dan jumlah penumpang. Tersambungnya tol dari Jakarta hingga Surabaya dinilai memberikan dampak signifikan.

Sementara itu, sesuai rencana TNI juga turut mengerahkan prajurit guna membantu Polri selama pengamanan Natal dan tahun baru. “TNI menyiapkan sekitar 62 ribu prajurit yang diperbantukan kepada kepolisian dalam pengamanan tersebut. Seluruh prajurit itu terdiri atas personel dari tiga matra TNI. Baik TNI-AD, TNI-AL, maupun TNI-AU,” terang Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Didit Herdiawan. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (ut/lyn/syn/c17/ttg)


Close Ads
Dibuka Malam Ini, Pembangunan Tol Wilangan-Kertosono Sempat Dikebut