JawaPos Radar

Tangkapan Ikan di Jateng Tembus 3.874 Ton

20/12/2017, 20:15 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Ikan laut
Ilustrasi. ()
Share this image

JawaPos.com - Tangkapan ikan di Jawa Tengah (Jateng) meningkat sepanjang 2017. 3.874 Ton ikan berhasil diangkut nelayan. Jumlah tersebut meroket 73,4 persen dibandingkan hasil tangkapan pada 2016.

"Tingginya hasil tangkapan dikarenakan nelayan yang di daerah Pantura tetap melaut dan mencari ikan di musim penghujan ini. Hasilnya ternyata cukup banyak," jelas Kepala Balai Karantina Ikan Semarang Gatot Perdana di Semarang, Rabu, (20/12).

Kawasan Pantai Utara (Pantura) seperti Semarang, Jepara dan Demak, menjadi daerah penghasil ikan terbanyak. Daerah di bagian Selatan juga turut menyumbang tingginya hasil tangkapan ikan.

Gatot menambahkan, hasil tangkapan yang melimpah berdampak pada ekspor ikan selama tiga bulan terakhir. "Pengiriman ikan ke luar negeri naik sampai 66,7 persen atau senilai Rp 327 miliar dibandingkan dengan tahun lalu," terangnya.

Pengiriman terbesar dilakukan ke Amerika Serikat dan Jepang. Disusul Tiongkok dan Vietnam. Budaya mengonsumsi ikan segar di negara-negara itu menjadi pemicu tingginya tingkat ekspor di Jateng.

Selain ikan, komoditi primadona lainnya adalah rajungan. Di negara-negara tujuan ekspor, produk laut itu biasanya diolah menjadi menu sajian favorit di rumah-rumah makan. "Lalu diikuti udang 3.330 ton dan cumi cumi sebanyak 5.013 ton," lanjutnya.

Kenaikan eskpor juga berkat kinerja aparat keamanan. Mereka dinilai berhasil melakukan pengamanan hingga dilakukannya pengiriman melalui Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up