alexametrics

Begini Kronologi Puluhan Balita Diduga Keracunan Makanan Posyandu

20 Desember 2017, 16:35:59 WIB

JawaPos.com – Kasus keracunan yang menimpa puluhan balita di Cinderejo Kidul, Solo sempat membuat resah warga. Bahkan para orang tua balita sempat mendatangi gedung serbaguna RW IX yang merupakan tempat diadakannya Posyandu.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Ketua Posyandu RW IX, Cinderejo Kidul, Sri Purnamaningrum saat ditemui JawaPos.com, di rumahnya, Rabu (20/12).

Kepada JawaPos.com, perempuan yang akrab dipanggil Naning itu mengatakan, jika kejadian ini merupakan yang pertama kali selama 40 tahun Posyandu ada. Sebelumnya, penyediaan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) selalu aman.

“Saya juga baru tahu kalau ada yang keracunan setelah ada warga yang datang ke gedung, katanya mau demo. Ternyata mereka melaporkan ada anaknya yang keracunan,” terang Naning.

Mengetahui kejadian ini, dirinya berinisiatif untuk menghubungi pihak Puskesmas setempat yakni Puskesmas Gilingan. Dan tidak berselang lama, pihak Puskesmas datang dan melakukan pemeriksaan terhadap warga yang diduga mengalami keracunan.

“Kami pun menanyakan kepada tim yang memasak makanan, katanya makanan sup dimasak pukul 03.00 WIB. Sup itu isinya wortel, makaroni, daging ayam. Selain sup juga ada lauk tempe dan puding, ” terangnya.

Naning menambahkan, PMT diberikan pukul 09.00 WIB. Tetapi biasanya, makanan tersebut tidak langsung dimakan. Melainkan selang beberapa jam setelahnya. “Saya juga makan supnya, tapi sebelum makan saya panasi terlebih dahulu. Dan saya makannya juga banyak,” terang Naning. 

Sementara itu, Lurah Gilingan, Joko Partono membenarkan adanya kejadian tersebut. Pihak kelurahan akan melakukan pendampingan terhadap warga yang diduga mengalami keracunan.

“Semuanya biayanya ditanggung KIS, ini tadi ada satu yang belum punya dan sudah kami urus biar segera bisa menggunakan KIS,” ucapnya.

Editor : admin

Reporter : (apl/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads
Begini Kronologi Puluhan Balita Diduga Keracunan Makanan Posyandu