alexametrics
Pilkada Medan 2020

Simulasi dengan Surat Suara Spesimen, Petahana Ungguli Menantu Jokowi

20 November 2020, 19:52:55 WIB

JawaPos.com – Menjelang hari pencoblosan pada 9 Desember, lembaga survei melakukan simulasi elektabilitas terhadap dua pasangan calon (paslon) di Pilkada Medan.

Survei yang digelar Roda Tiga Konsultan itu menggunakan metode simulai dengan surat suara spesimen. Hasilnya, paslon petahana  Akhyar Nasution-Salman Alfarisi unggul atas pasangan menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution-Aulia Rachman.

Direktur Riset Roda Tiga Muh. Taufiq Arif menyebut bahwa paslon Akhyar Nasution-Salman Alfarisi mendapat nilai elektoral 53,1 persen. Sementara Bobby Nasution-Aulia Rachman meraih nilai elektoral 37,3 persen. “Sisanya, 9,6 persen menolak melakukan simulasi,” ujar Taufiq Arif dalam keterangan persnya, Jumat (20/11).

Adapun survei tersebut dilakukan pada 8 – 11 November 2020, dengan melibatkan 810 tresponden yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Medan secara proporsional.

Begitu juga Margin of Error (MoE) di sekitar 3,53 persen dan confidence level 95 persen.

Taufiq Arif menambahkan, survei yang dia lakukan juga mengukur strong voters kedua paslon. Pada paslon Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dari nilai elektoral 53,1 persen, diketahui 51,5 persen menyatakan yakin atas pilihannya. Sisanya 1,6 persen mengatakan belum yakin atau masih ragu-ragu.

Pada paslon Bobby Nasution-Aulia Rachman dari nilai elektoral 37,9 persen, sebanyak 35,8 persen menyatakan sudah yakin dengan pilihannya. Sisanya 2,1 persen masih ragu-ragu atau belum yakin dengan pilihannya.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads