alexametrics

Tinjau Lokasi Tanah Longsor, Anies Janji Bangunkan Rumah Warga

20 November 2018, 16:09:35 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta meninjau lokasi rumah longsor di Jalan Raya Lodan, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara Selasa (20/11). Kedatangannya ke lokasi untuk memeriksa penyebab dari longsornya kawasan tersebut.

Didampingi oleh beberapa stafnya, Anies melihat langsung ke lokasi longsor. Dengan menggunakan kaos polo shirt dan jeans berwarna biru, Anies mengatakan, jika kawasan tersebut mengalami longsor sudah beberapa tahap.

“Jadi meninjau longsoran yang terjadi disini. Setelah kita periksa, memang peristiwanya terjadi sudah beberapa tahap. Penyebabnya dan lain, nanti secara teknis dikaji,” kata Anies pada wartawan (20/11).

Tinjau Lokasi Tanah Longsor, Anies Janji Bangunkan Rumah Warga
Rumah hampir ambruk karena tanah longsor (Gobang Mahardika/ JawaPos.com)

Anies mengungkapkan, jika rumah dari 8 Kartu Keluarga (KK) sudah tidak lagi aman untuk dihuni. Pasalnya, kondisi rumah tersebut sudah hampir rubuh.

“Yang kita butuhkan sekarang adalah langkah kedepannya, adalah 8 KK ang tinggal disini sekarang rumahnya menjadi tidak aman,” ungkap Anies.

Sementara akibat longsornya lokasi tersebut, puluhan warga penghuni rumah terpaksa mengungsi. Dikarenakan dalam waktu dekat, deretan rumah di lokasi itu akan mengalami longsor. Dari kejadian itu, Anies memastikan, pihaknya akan membangun kembali rumah warga yang rusak parah akibat longsor tersebut.

“Mereka (yang) mengungsi, kita akan segera bangun kembali rumahnya, supaya mereka bisa menempati tempat yang sama,” ungkap mantan Menteri Pendidikan itu.

Sebelumnya diketahui, bahwa longsornya kawasan itu dikarenakan pengerukan kali Anak Ciliwung oleh UPK Badan Air dengan menggunakan alat berat beckhoe tanpa memperhitungkan kondisi dari turap kali tersebut.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (dik/JPC)



Close Ads
Tinjau Lokasi Tanah Longsor, Anies Janji Bangunkan Rumah Warga