JawaPos Radar | Iklan Jitu

Amien Rais Sebut Jokowi Bawa Indonesia pada Penjajahan Ekonomi

20 November 2018, 14:36:27 WIB | Editor: Dida Tenola
Amien Rais Sebut Jokowi Bawa Indonesia Kepada Penjajahan Ekonomi
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. (Hendra Eka/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais kembali mengkritik kebijakan pemerintah. Kali ini dia menyoroti soal penanaman modal asing (PMA) 100 persen untuk 54 bidang Klasifikasi Kegiatan Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI).

Amien Rais menilai, Presiden Joko Widodo telah membawa Indonesia ke jurang penjajahan ekonomi. Sebab, akan ada banyak usaha rakyat yang mati karena bakal gagal bersaing dengan investor asing. "Menurut saya, maaf, Pak Jokowi membawa bangsa ini kepada penjajahan ekonomi. Itu saja," kata Amien Rais di Surabaya, Selasa (20/11).

Untuk itu, Amien meminta Jokowi menjalankan pemerintahan yang adil dan demokratis. Tanpa ada intervensi asing, ancaman terhadap media massa, apalagi politik uang.

"Mr. Jokowi, let's play the democratic game fairly (Pak Jokowi, mari menjalankan pemerintahan demokrasi yang adil). Memang kami kritis. Karena tengkuk politik sudah dipegang ekonomi," tambahnya.

Sementara itu, anggota Dewan Kehormatan PAN Dradjad Hari Wibowo mengatakan, hanya ada 25 sektor usaha yang dibuka pemerintah untuk asing. Namun, permasalahannya bukan soal jumlah yang dibuka.

Menurutnya, kebijakan tersebut berkaitan dengan kepercayaan masyarakat. Ada kemungkinan pemerintah akan membuka sektor usaha lain untuk investor asing.

"Tapi siapa yang percaya kalau nggak akan dilakukan lagi (membuka sektor usaha untuk asing, Red). Artinya, bagaimana rakyat bisa percaya," ucap Dradjad.

(ce1/HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up