alexametrics

Tanah Bergerak, 35 Rumah Rusak, Ratusan Jiwa Mengungsi

20 November 2016, 07:48:00 WIB

JawaPos.com – Tanah di Kampung Cikatomas, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat, mengalami pergerakan. Hujan lebat sepanjang Jumat (18/11) lalu, menjadi penyebab utama terjadi pergerakan tanah.

Sebanyak 35 rumah rusak berat dan 116 jiwa mengungsi. Menurut anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat Rudi Wibiksana, warga sudah merasakan pergerakan sejak Jumat siang. Akan tetapi, gerakan tanah masih tidak terlalu besar.

”Barulah pada pukul 16.30 pergerakan sangat terasa, sehingga menyebabkan rumah rusak berat,” ungkap Rudi kepada wartawan dihubungi melalui sambungan telepon, kemarin (19/11).

Selain rumah, terdapat beberapa ruas jalan milik Pemerintah Daerah (Pemda) Bandung Barat rusak parah. Sehingga tidak bisa dilalui oleh masyarakat sekitar. Saat ini pihak BPBD tengah mendirikan tenda sebanyak tiga buah untuk para korban pengungsian.

Akan tapi, ada beberapa warga yang lebih memilih untuk mengungsi di rumah sanak–saudaranya. Dia mengatakan, sejumlah bantuan seperti makanan, minuman dan pakaian sudah disalurkan untuk para korban. Bahkan, pihak BPBD pun masih bersiaga di lokasi kejadian.

Kemungkinan, lanjut dia, Badan Geologi akan datang meninjau. Ketika ditanya waktu yang lebih tepat, pihaknya tidak bisa menjawab.

”Kita masih menunggu koordinasi dari Badan Geologi yang datang guna memantau dan memastikan pergerakan tanah tersebut,” ungkapnya. (nit/rie/yuz/JPG)

Editor : Yusuf Asyari



Close Ads
Tanah Bergerak, 35 Rumah Rusak, Ratusan Jiwa Mengungsi