alexametrics
Menyambut Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

Kang Emil Minta Jokowi Lakukan Pemekaran Wilayah dan Kenaikan Fiskal

20 Oktober 2019, 14:38:53 WIB

JawaPos.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 di gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10). Pada kedatangannya kali ini, dia juga membawa dua permintaan untuk pemerintah pusat yang segera dilantik.

Permintaan pertama, yakni adanya pemekaran wilayah di Jawa Barat. Dia menilai, dengan kondisi penduduk yang begitu banyak dan luas daerah yang sangat besar, hal itu membuat pemerintah provinsi kewalahan mengurusnya.

“Kalau boleh daerah tingkat II-nya dimekarkan. Penduduknya terlalu banyak hampir 50 juta, kurang keurus secara daerah yang cuma 27,” kata Kang Emil, sapaan akrabnya.

Kondisi ini dinilai Ridwan yang memicu munculnya isu Bogor ingin memisahkan diri menjadi Provinsi Bogor Raya. Begitu pula dengan Bekasi yang diisukan ingin bergabung dengan DKI Jakarta. Atas dasar itu, dia berharap Jokowi mau mengakomodir pemekaran wilayah tingkat II ini.

Selain itu, mantan Wali Kota Bandung itu meminta pemerintah pusat supaya mewujudkan keadilan fiskal untuk Jawa Barat. Gemuknya populasi hampir 20 persen dari seluruh masyarakat Indonesia, Jawa Barat seharusnya diimbangi dengan bantuan fiskal yang besar.

“Kalau penduduknya besar, bantuan fiskalnya juga harusnya besar. Sekarang masih belum lah ya, hanya dua itulah kira-kira,” tegas Ridwan.

Di sisi lain, Ridwan meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia agar mendukung kepemimpinan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin untuk lima tahun ke depan. Tidak boleh ada lagi ego sektoral seperti saat pemilihan berlangsung. Jika ego itu tetap dipertahankan, maka akan menghambat kemajuan bangsa, termasuk aspek meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

“Kalau pemimpin udah dilantik, dan terpilih, mau dicoblos atau tidak, maka kita dukung. Karena beliau adalah nakhoda hidup kita lima tahun,” pungkasnya.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Sabik Aji Taufan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads