alexametrics

Potong PSO, Dishub DKI Sering Tegur TJ Soal Maraknya Kecelakaan

20 Oktober 2018, 11:35:18 WIB

JawaPos.com – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyatakan konsisten untuk memberikan teguran kepada PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berupa pemotongan dana subsidi public service obligation (PSO).

Menurut Plt Kepala Dishub, Sigit Widjatmoko melihat kecelakaan Transjakarta memang domain tugasnya Kepolisian. Namun, jika pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM) sopir tidak terlaksana maka urusannya adalah Dishub akan memberikan pinalti.

“Dimana pinalti adalah pengurangan PSO. PSO yang dimaksud adalah bonus kepada direksi, jadi pelanggaran SPM kan impactnya ke pendapatan direksi bukan kepada pelayanan,” terang Sigit saat dihubungi, Sabtu (20/10).

Potong PSO, Dishub DKI Sering Tegur TJ Soal Maraknya Kecelakaan
Ilustrasi kecelakaan Transjakarta (Kokoh Prabawa/ JawaPos.com)

Sigit mengaku setiap terjadinya kecelakaan Transjakarta, pihaknya akan memberikan teguran. Bahkan tidak hanya itu, evaluasi selalu dilakukan ke depan agar kejadian yang sama tidak berulang.

“Kita sudah bikin teguran kok, untuk mengingatkan terkait evaluasi-evaluasi apa sih yang menjadi faktor ya untuk sama-sama apa sih yang menjadi faktor gitu kan,” terang Sigit.

Tanggapan Transjakarta, lanjut Sigit, saling menghormati atas teguran yang disampaikan. Sebab, tidak ada yang ingin kejadian musibah terjadi berulang sehingga pihak Transjakarta berjanji akan memperbaiki sistem yang ada.

“Setiap pelanggaran SPM itu ada pinalti, berupa pengurangan PSO dan setiap tahun bisa ratusan juta,” tandasnya.

Maka ke depannya, Sigit melihat evaluasi harus terus diperkuat Transjakarta. SPM PT Transjakarta diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2017 tentang Standar Pelayanan Minimal Layanan Angkutan Umum Transjakarta.

Aturan itu menyebutkan target pelayanan meliput pelbagai aspek, seperti keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan, dan keteraturan.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (rgm/JPC)

Potong PSO, Dishub DKI Sering Tegur TJ Soal Maraknya Kecelakaan