alexametrics

Polda Kantongi Calon Tersangka Kasus Pencemaran Air PDAM

20 Oktober 2018, 16:10:51 WIB

JawaPos.com –  Ditreskrimsus Polda Jateng mengklaim sudah mengantongi calon tersangka kasus pencemaran air di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Solo. Hanya saja, Ditreskrimsus belum bisa meningkatkan statusnya sebagai tersangka karena masih menunggu hasil gelar perkara dan hasil uji laboratorium yang tengah di lakukan di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Yogyakarta (BTKLPPY). Hasil uji laboratorium tersebut diperkirakan baru akan selesai minggu depan. 

Direskrimsus Polda Jateng, Kombespol Hendra Suhartiyono menerangkan, dari hasil rekonstruksi semakin memperjelas bahwa ada unsur kesengajaan terjadinya pencemaran limbah pabrik pewarna tekstil ke dalam jaringan air PDAM. Dari hasil rekonstruksi tersebut juga diketahui bahwa jaringan pembuangan limbah yang seharusnya disalurkan ke instalasi pengolahan air limbah (IPAL) justru disambungkan ke jaringan PDAM. 

“Rekonstruksi ini memperjelas. Sudah ada calon tersangkanya, tapi nanti setelah dari sini (rekonstruksi) akan kita gelar perkara baru akan kita tetapkan tersangkanya,” terang Hendra usai memimpin rekonstruksi, Sabtu (20/10).

Air PDAM Berwarna Merah
BERI KETERANGAN: Direskrimsus Polda Jateng, Kombespol Hendra Suhartiyono saat memberikan penjelasan kepada wartawan. (Ari Purnomo/JawaPos.com)

Tetapi saat ditanya mengenai calon tersangka tersebut, Hendra enggan membeberkannya. Dia hanya mengatakan, untuk calon tersangka nanti saja. “Belum bisa saya sampaikan,” katanya.

Selain melakukan rekonstruksi, Hendra juga mengatakan, nantinya juga akan menambah jumlah saksi untuk dimintai keterangan. Saat ini, saksi yang sudah diperiksa sebanyak delapan orang. Saksi baru yang akan diperiksa antara empat sampai dengan lima orang.

“Mudah-mudahan bisa cepat selesai, terus terang lakukan penyidikan sampai tuntas sampai kasus ini selesai,” tandasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)



Close Ads
Polda Kantongi Calon Tersangka Kasus Pencemaran Air PDAM