alexametrics

Dua PNS Kemenhub Jadi Tersangka Penembakan, Budi Karya: Saya Prihatin

20 Oktober 2018, 15:34:00 WIB

JawaPos.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku prihatin atas penetapan dua pegawai negeri sipil (PNS) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai tersangka atas kasus penembakan Gedung DPR RI beberapa waktu lalu. Dia pun menyerahkan sepenuhnya kasus ini pada jalur hukum.

Budi menyampaikan, kegiatan di lapangan tembak saat kejadian penembakan di Gedung DPR RI bukan merupakan acara Kementerian Perhubungan. “Itu kegiatan pribadi bukan kegiatan kementerian. Saya pun tidak melakukan latihan menembak itu walaupun ditawari,” ujarnya usai menghadiri Wisuda Program Vokasi, Sarjana, dan Pascasarjana di Universitas Brawijaya, Sabtu (20/10).

Dia juga mengaku prihatin karena pelaku penembakan merupakan dua PNS Kementerian Perhubungan yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian. Budi pun meminta PNS agar tidak neko-neko serta bekerja mengikuti peraturan yang ada. 

Tersangka Peluru Nyasar
Keduanya resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya karena terbukti lalai saat menguasai senjata api. (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)

“Justru dengan kejadian ini pelajaran yang baik buat rekan-rekan yang lain bahwa kalo jadi pegawai ya taat azas saja lah. Yang sederhana ikut rule (aturan, red),” terangnya. 

Terkait penetapan ini, Budi mengaku menyerahkan sepenuhnya kasus ini pada jalur hukum. “Saya serahkan pada jalur hukum. Apa yang musti dia tanggung tentang pelanggaran itu harus mereka tanggung,” kata dia. 

Dia menambahkan, kedua tersangka harus bertanggung jawab atas kasus ini. Nantinya, kedua PNS juga akan dikenai sanksi sesuai peraturan. 

Seperti diberitakan sebelumnya, pada insiden penembakan yang teradi di Gedung DPR RI pada Senin (15/10) lalu, polisi telah menetapkan dua PNS Kementerian Perhubungan sebagai tersangka. Yakni IAW dan RMY. Keduanya resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya karena terbukti lalai saat menguasai senjata api.

Kalalaiannya nyaris merenggut nyawa korban yang tengah berada di ruangan 1601 dan 1313, Gedung Nusantara 1, Gedung DPR RI. Keduanya diamankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (fis/JPC)

Dua PNS Kemenhub Jadi Tersangka Penembakan, Budi Karya: Saya Prihatin