JawaPos Radar

Panglima TNI Ziarah ke Makam Soeharto

20/09/2018, 12:19 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Marsekal Hadi Tjahjanto
ZIARAH: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama istri melakukan tabur bunga di makam Jenderal Besar Soeharto di Giribangun, Matesih, Karanganyar, Kamis (20/9). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan ziarah ke makam Presiden RI ke-2 Jenderal Besar Soeharto di Giribangun, Matesih, Karanganyar, Kamis (20/9) pagi. Ziarah ini sebagai kegiatan rutin tahunan dalam menyambut Hari Ulah Tahun (HUT) TNI.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto tiba di pemakaman Giribangun sekitar pukul 09.00 WIB. Turut mendampingi di antaranya KSAD Jenderal Mulyono, KSAL Laksamana Siwi Sukma Aji, KSAU Marsekal Yuyu Sutisna, dan Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Condro Kirono.

Prosesi ziarah diawali dengan peletakan bunga melati di atas nisan Jenderal Besar soeharto. Acara kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga yang dilakukan Panglima TNI didampingi sang istri. Setelah Panglima TNI, tabur bunga dilakukan KSAD, KSAU dan KSAL. Prosesi tabur bunga rampung, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Hadi Tjahjanto mengungkapkan, rangkaian kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI. "Kami melakukan ziarah ke makam para tokoh Nasional sejak kemarin. Seperti di makam Presiden RI pertama Ir. Soekarno. Kemudian ke makam Gus Dur, dan hari ini ke makam Jenderal Besar Muhammad Soeharto," urai Hadi usai berziarah.

Ziarah ini merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tahun. Tujuannya agar para generasi penerus bangsa termasuk generasi milenial, menghargai nilai-nilai yang sudah ditanamkan para tokoh-tokoh nasional.

"Serta untuk tetap menjaga keutuhan NKRI. Itu yang ingin terus kami pertahankan. Kami memberikan pengarahan dan wejangan kepada seluruh prajurit untuk tetap pada satu tujuan yang sudah ditanamkan para pendahulu," tandas Hadi.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up