JawaPos Radar

Dianggap Korupsi, Ketua Fraksi PDIP Kebumen: Saya Akan Susun Pledoi

20/08/2018, 18:49 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Anggota Komisi A DPRD Kebumen sekaligus Ketua Fraksi PDIP Kebumen Dian Lestari
Anggota Komisi A DPRD Kebumen sekaligus Ketua Fraksi PDIP Kebumen Dian Lestari, usai menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Tipikor Semarang, Senin (20/8). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Anggota Komisi A DPRD Kebumen Dian Lestari dituntut hukuman penjara selama 6 tahun di persidangan. Dian yang juga Ketua Fraksi PDIP Kebumen itu dianggap terbukti terlibat dalam kasus dugaan penerimaan suap izin proyek di Disdikpora setempat.

Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, Senin (20/8) dan dipimpin oleh hakim Antonius Widijantono, Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menilai Dian terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek pokok-pokok pikiran (pokir) DPRD Kebumen. Yang bersumber dari APBN dan Anggaran Perubahan tahun anggaran 2016.

Jaksa menyatakan terdakwa Dian dalam hal ini terbukti melanggar Pasal 12 huruf a UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU nomor 20 tahun 2002 tentang tindak pidana korupsi jo Pasal 55 jo Pasal 65 KUHP. 

"Menuntut, meminta majelis hakim menjatuhkan hukuman penjara kepada terdakwa selama enam tahun," kata jaksa. Selain itu, jaksa juga meminta terdakwa untuk dijatuhi sanksi denda sebesar Rp 200 juta subsider tiga bulan kurungan.

Dalam amar tuntutan, disebutkan bahwa Dian memiliki peran memuluskan langkah terdakwa lain, Komisaris PT Osma Indonesia Hartoyo untuk mendapatkan proyek pengadaan buku, alat peraga, dan peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TI) Disdikpora Kebumen.

"Bahwa terdakwa menerima sejumlah uang dari sejumlah orang dalam rangka memuluskan terdakwa Hartoyo mendapatkan proyek di Kebumen," lanjut jaksa.

Dengan adanya tuntutan dari jaksa ini, terdakwa Dian Lestari mengaku keberatan. "Saya akan susun pledoi sendiri, selain itu juga akan ada pledoi dari kuasa hukum saya," katanya.

Sebelumnya, Dian Lestari ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK lantaran diduga terlibat dalam kasus penerimaan suap izin proyek di lingkungan Disdikpora Kebumen. Kasus ini diketahui juga menyeret sejumlah nama, antara lain Bupati Kebumen non aktif Yahya Fuad, Sekda Adi Pandoyo, Ketua komisi A DPRD Kebumen Yudhi Tri Hartanto, Komisaris PT Osma Indonesia Hartoyo.

Calon Bupati Kebumen Khayub Muhammad Lutfi juga juga menjadi terdakwa dalam pusaran kasus ini. Belum lagi nama-nama yang tergabung dalam timses Bupati Kebumen, macam Basikun Suwandi alias Petruk, Hojin Ansori dan beberapa terdakwa lain.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up