JawaPos Radar

Wajib Pajak Diimbau Melakukan Pembayaran Pajak Tepat Waktu

20/07/2018, 23:05 WIB | Editor: Budi Warsito
Wajib Pajak Diimbau Melakukan Pembayaran Pajak Tepat Waktu
Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam, Raja Azmansyah (Bobi/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Batas waktu pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) Kota Batam akan berakhir pada akhir Agustus 2018 mendatang. Setiap wajib pajak yang memiliki hunian dihimbau untuk membayar pajak tidak melampaui tanggal tersebut.

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam, Raja Azmansyah mengharapkan, pembayaran PBB-P2 ini jangan sampai telat. Karena akan menyebabkan masyarakat dikenai denda sebesar dua persen.

Denda PBB-P2 ini, didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 78/PMK.03/2016 tentang Besaran Denda Membayar Pajak. Angka dendanya ditetapkan sebesar dua persen per bulan.

Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB-P2 sendiri, sudah didistribusikan ke seluruh wilayah Kota Batam sejak Maret 2018 lalu. Total 300 ribu SPPT sudah didistribusikan BP2RD ke 12 kecamatan di Kota Batam sejak saat itu.

"Pajak yang anda bayarkan sangat dibutuhkan untuk pembiayaan pembangunan di kota Batam," kata Azmansyah di Batam, Jumat (20/7).

Guna memudahkan membayar pajak, BP2RD membuka konter penerimaan pembayaran PBB-P2 di Pasar Penuin Lubukbaja, SP Plaza Batu Aji, Pasar Tiban Centre Sekupang, dan Pasar Mitra Raya Batam Kota. Konter pembayaran pajak sudah dibuka 16 Juli sampai 30 Agustus. Konter tersebut melayani masyarakat yang akan membayar pajak mulai dari pukul 09.00 WIB sampai 15.30 WIB.

Selain lokasi-lokasi ini, pembayaran PBB-P2 bisa juga dilakukan di BCS Mall dan Kepri Mall mulai dari 21 Juli hingga 26 Agustus. Pembayaran di mall ini dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu. "Pembayaran bisa juga langsug ke Bank Riau Kepri, BTN, BRI, BJB serta beberapa agen BRIlink, terutama di pulau-pulau.

Azmansyah menambahkan, hingga saat ini PBB-P2 yang sudah terkumpul berjumlah Rp 37,9 miliar, atau 25 persen dari target PBB-P2 Kota Batam tahun 2016.

"Kita terus lakukan penagihan aktif, karena target target kita di Agustus nanti diatas 65 persen," tandas Azmansyah.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up