alexametrics

Malindo Air Tergelincir di Bandung, Sempat Terbang Dua Kali Hari Ini

20 Juni 2019, 18:42:09 WIB

JawaPos.com – Malindo Air tergelincir di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung (BDO). Pesawat dengan nomor penerbangan OD-301 rute Bandung menuju Kuala Lumpur itu tergelincir saat berbelok sebelum lepas landas pukul 14.25 WIB. Akibatnya, pesawat dengan Boeing 737-800NG beregistrasi 9M-LCK itu keluar landasan atau runway excursion.

Head of PR & Communications Malindo Air Andrea Liong mengatakan, kondisi seluruh penumpang dan awak kabin selamat atas insiden tersebut. Adapun di dalam pesawat tersebut terdapat 122 orang. Di antaranya, 114 penumpang dan delapan anggota kru.

“Semua penumpang dan awak pesawat kondisi selamat serta telah dievakuasi dengan aman. Saat ini, Malindo Air sedang mengatur rencana perjalanan penumpang,” kata Andrea dalam keterangan tertulis yang dikirimkan kepada JawaPos.com, Kamis (20/6).

Saat ini, pesawat tersebut dalam proses evakuasi oleh otoritas Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara. Andrea pun menyampaikan permintaan maaf kepada penumpang atas insiden tersebut.

“Malindo Air meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan ingin menegaskan kembali bahwa Malindo Air mengutamakan faktor keselamatan sebagai prioritas utama,” tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari flightradar24, pesawat dengan nomor penerbangan OD-301 ini memang akan berangkat dari Bandung pukul 14.10 WIB. Rencananya, pesawat tersebut akan sampai di Kuala Lumpur pukul 17.25 waktu Malaysia.

Dari histori perjalanan Malindo Air dengan nomor registrasi 9M-LCK yang diketahui dari flightradar24, pesawat tersebut hari ini direncanakan melakukan tiga perjalanan penerbangan. Sebelum tergelincir, pesawat itu sudah dua kali melakukan penerbangan. Perjalanan pertama pagi hari pukul 09.00 sampai 10.10. Perjalanan domestik dari Langkawi menuju Kuala Lumpur Malaysia.

Setelah itu, pukul 12.20, pesawat itu melakukan penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Bandung dan tiba pukul 13.20 WIB. Kemudian sekitar satu jam setelah itu, pesawat Malindo Air tergelincir pukul 14.25 WIB saat lepas landas dari Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung (BDO) menuju Kuala Lumpur.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Igman Ibrahim



Close Ads