JawaPos Radar

Hutan Lawu Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

20/06/2018, 06:30 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kebakaran Hutan
ILUSTRASI: Kebakaran lahan terjadi di hutan Gunung Lawu, Jawa Tengah, Selasa (19/6) sore sekira pukul 16.00 WIB. Luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 1 hektare. (dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kebakaran lahan terjadi di hutan Gunung Lawu, Jawa Tengah, Selasa (19/6) sore sekira pukul 16.00 WIB. Luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 1 hektare. Mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan untuk sementara jalur pendakian pun ditutup.

Berdasarkan informasi yang diperoleh JawaPos.com menyebutkan, kebakaran terjadi di wilayah Argo Tiling. Sesuai peta Perhutani di petak 63 RPH Nglerak BKPH Lawu, utara KPH Surakarta. Atau masuk wilayah Jenawi, Karanganyar.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar, Bambang Djatmiko membenarkan kebakaran tersebut. Sampai saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk melakukan pemadaman.

"Kondisi cuaca kemarin masih berkabut, dan tidak memungkinkan untuk melakukan pemadaman," terangnya.

Bambang menambahkan, pihaknya akan menunggu kondisi hingga pagi ini untuk melakukan upaya pemadaman. Ditanya mengenai jumlah titik api yang terlihat, Bambang mengatakan ada beberapa titik. Tetapi, sebagian sudah padam dan sebagian yang lain justru semakin membesar.

Dia berharap, pagi ini titik api sudah mulai padam. "Semoga saja pagi ini titik api sudah mulai padam," harap Bambang.

Sementara itu, terkait keberadaan para pendaki di Gunung Lawu, Bambang menambahkan, dari data yang ada memang ada beberapa yang melakukan pendakian. Tetapi, untuk jumlah riilnya dirinya belum mengetahui. Bambang meminta, para pendaki untuk segera turun.

"Dari tim relawan masih melakukan penyisiran terhadap para pendaki. Untuk sementara ini, jalur pendakian ditutup dulu," tandasnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up