JawaPos Radar

H+3 Lebaran, 1.616 Orang Manfaatkan Balik Gratis via Jalur Laut

20/06/2018, 04:50 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kapal Laut
ILUSTRASI: Pemudik menggunakan moda transportasi kapal laut untuk pulang ke kampung halaman dan balik ke Jakarta. (dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Fasilitas mudik gratis via jalur laut yang disediakan Kementerian Perhubungan masih diminati oleh masyarakat, terutama pemudik motor tujuan Jakarta pada arus balik kali ini. Terbukti hingga H+3 lebaran atau Selasa (19/6), tercatat sebanyak 1.616 orang memanfaatkan sarana tersebut dengan menumpang kapal melalui Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Yolla Imareta Santosa, Assisten Manager Terminal Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, mengatakan, penumpang sebanyak itu terdiri dari mereka yang berangkat pada H+2 atau Senin (18/6) kemarin, yakni 1.006 pemudik tujuan Jakarta. Serta pada Selasa (19/6) pagi, ada dua kapal mengangkut masing-masing 210 dan 400 penumpang. 

"Kemarin KM Dobonsolo dan yang tadi pagi jam sepuluh, Sabuk Nusantara 95 dan 85. Minatnya tinggi karena memang gratis dan relatif cepat juga aman menggunakan kapal dibanding perjalanan darat menggunakan motor," katanya saat ditemui di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Selasa (19/6).

Menurut Yolla, saat pendaftaran kemarin, tercatat total ada 5.490 pemudik yang mendaftar dengan sekitar 2.700 kendaraan bermotor. "Tujuannya masih sama Jakarta," sambungnya.

Pihaknya memperkirakan bahwa puncak arus balik gratis akan terjadi pada Jumat (22/6) mendatang. Hal ini, lanjut Yolla, dikarenakan para pemudik akan mulai kembali bekerja mulai Senin (25/6).

Di sisi lain, arus balik-nya penumpang biasa tujuan luar pulau Jawa, sudah mulai terjadi pada H+2 kemarin. Dimana menurutnya, ada 1.003 penumpang diberangkatkan dari Semarang dengan tujuan Batu Licin, Kalimantan Selatan. 

"Hari ini sendiri ada tiga pemberangkatan, yaitu tujuan Sampit dengan jumlah 609 dan 203 penumpang yang menggunakan kapal Kirana. Sementara tujuan Kumai jumlahnya 347 penumpang," paparnya lagi.

Dikatakannya, khusus untuk arus balik penumpang reguler tujuan luar Jawa ini, diprediksi baru akan terjadi pada H+7 atau Senin (25/6) mendatang. Lantaran, pemudik balik ini didominasi oleh karyawan sawit dan tambang di Sumatera ataupun Kalimantan sana. 

Yolla menyebut, akan ada sekitar 3.500 penumpang yang akan diberangkatkan saat itu. "Ada tiga kapal, tujuannya Pontianak, Kumai dan Sampit," tandasnya.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up