alexametrics

Arus Balik, Penumpang Pesawat Tumbuh 10 Persen

20 Juni 2018, 14:17:44 WIB

JawaPos.com – Moda tranportasi udara tak ada catatan khusus selama angkutan Lebaran 2018. Pengguna transportasi udara juga mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Santoso mengatakan, jumlah penumpang pesawat tumbuh 10 persen selama arus balik Lebaran. Sekitar 5,9 juta pemudik telah diantarkan dengan pesawat.

“Kedatangan paling banyak di Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) dan Surabaya. Asalnya banyak yang dari Makassar, Jakarta, Kualanamu (Medan),” kata Agus saat memantau arus balik di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Rabu (20/6).

Puncak arus balik untuk angkutan udara sudah terjadi pada H+3 dan H+4 lebaran atau Selasa (19/6) dan Rabu (20/6) ini. Untuk memaksimalkan pelayanan, Kemenhub telah menyiapkan beberapa upaya hingga H+8 Lebaran.

Salah satunya dengan menambah operasional bandara menjadi 24 jam. Kemudian ekstra flight, dan hingga H+3 sudah ada 750 penerbangan. “Total kami prediksi hingga (H+8) nanti bisa mencapai lebih dari seribu ekstra flight yang dipakai airline. Ini adalah faktor kelancaran arus mudik dan balik,” katanya.

Untuk keterisian maskapai rata-rata melebihi 90 persen. Tertinggi adalah Batik Air. Disusul Garuda Indonesia, Citilink, Airasia dan Nam Air. Untuk harga tiket juga tak ada laporan pelanggaran. “Sudah ada papan-papan pengumuman tarif batas atas dan bawah yang ada di airport masing-masing,” terang Agus.

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I Faik Fahmi menambahkan, secara nasional pertumbuhan penumpang di AP I hingga H+3 mencapai 10 persen dibandingkan tahun lalu. Angka ini lebih tinggi dibandingkan prediksi sebelumnya, yaitu hanya meningkat 8 persen atau 5,5 juta. Tahun lalu, penumpang hanya di angka 5,2 juta.

Untuk Jogja, peningkatan penumpang bahkan melebihi angka nasional. Yaitu mencapai 11,64 persen. Lonjakan penumpang diprediksi berlangsung hingga H+8 Lebaran. “Jogja bisa sampai 13-15 persen dibandingkan tahun lalu,” ungkap Faik

Data di posko angkutan lebaran di Bandara Adisutjipto, terdapat 186.103 penumpang yang datang mulai dari H-8 hingga H+3 Lebaran. Sementara penumpang yang berangkat 147.590 orang.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (dho/JPC)



Close Ads
Arus Balik, Penumpang Pesawat Tumbuh 10 Persen