alexametrics

Polda Sumut Petakan Lokasi Rawan Kecelakaan Jelang Mudik

20 April 2022, 15:02:22 WIB

JawaPos.com–Kepolisian Daerah Sumatera Utara lakukan pemetaan lokasi yang terdata sebagai tempat terjadinya kemacetan dan rawan laka lantas jelang mudik Lebaran 2022. Pemetaan dilakukan di sejumlah kabupaten/kota di wilayah hukum tersebut.

”Kami pasang rambu-rambu lalu lintas (peringatan) yang bisa mengingatkan para pengemudi untuk selalu berhati-hati di jalan raya,” kata Kasubbid Penmas Polda Sumut Kompol Muridan seperti dilansir dari Antara di Medan, Rabu (20/4).

Selain itu, lanjut dia, personel yang akan ditempatkan di jalur-jalur yang padat arus lalu lintas (kemacetan dan rawan laka lantas) juga mendapat briefing atau pengarahan. ”Polisi juga bersinergi dengan instansi lain (dinas perhubungan) serta mendirikan pos pengamanan untuk arus mudik H-7 sampai H+7 Lebaran,” ucap Muridan.

Dia menjelaskan, persiapan-persiapan personel pengamanan yang cukup matang dilakukan polres-polres di wilayah hukum Polda Sumut. Diharapkan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah berlangsung tertib, aman, dan lancar. Serta tidak ada kendala di lapangan.

”Kita berharap pada mudik Lebaran, tidak ada terjadi kecelakaan di daerah baik di jalan raya, jalan tol, jalan kota, dan termasuk terminal di wilayah hukum Polda Sumut,” kata Kasubbid Penmas Polda Sumut Muridan.

Sebelumnya, Polda Sumatera Utara meningkatkan patroli dini hari untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat selama bulan suci Ramadan 1443 H di wilayah hukum Polda Sumut. ”Patroli dini hari selama bulan Ramadan tersebut dilaksanakan Brimob, Ditsamapta dan seluruh polres jajaran,” kata Kabidhumas Polda Sumut Kombespol Hadi Wahyudi.

​​​​​​​Hadi menyebutkan Polda Sumut meningkatkan pengamanan dan penjagaan serta patroli di seluruh wilayah, mengantisipasi kerawanan-kerawanan di bulan suci Ramadan. Patroli Gabungan tersebut sesuai instruksi kapolda Sumut untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam aktivitas di bulan Ramadan.

Berdasar pengalaman pada Ramadhan tahun lalu, sering terjadi balapan liar serta kumpul-kumpul dan tawuran saat malam dini hari hingga menjelang Subuh. ”Kita antisipasi karena aktifitas kumpul-kumpul tersebut berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas seperti tawuran dan tindak kejahatan lain sehingga perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi,” ucap Hadi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: