alexametrics

Yahya Fuad dan Tasdi Bakal Dihadirkan Sebagai Saksi Kasus Suap Taufik

20 Maret 2019, 19:05:27 WIB

JawaPos.com – Kurang lebih sekitar 20 orang saksi siap dihadirkan pada sidang lanjutan kasus suap pengurusan dana alokasi khusus (DAK) Kabupaten Kebumen dan Purbalingga yang melibatkan Taufik Kurniawan. Dari puluhan orang itu, eks Bupati Yahya Fuad dan Tasdi diagendakan bakal hadir.

“(Yahya dan Tasdi) jadi saksi. Kan di Kedungpane semua itu,” kata Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Eva Yustisiana usai jalannya sidang dakwaan Taufik Kurniawan di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu (20/3).

Dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Antonius Widijantono siang tadi, Taufik didakwa menerima suap dari Yahya dan Tasdi. Dalam kaitannya mengupayakan penambahan dana alokasi khusus (DAK) Kabupaten Kebumen dan Purbalingga.

“Semuanya Rp 4,80 miliar. Dari Bupati Kebumen (Yahya), Rp 3,650 miliar. Dari Purbalingga (Tasdi), Rp 1,2 miliar,” bebernya. Temuan ini, katanya, merupakan pengembangan kasus korupsi yang melibatkan Yahya Fuad, 2016 silam.

Yahya Fuad sendiri, saat ini telah menjadi penghuni Lapas Kedungpane. Eks Bupati Kebumen itu divonis 4 tahun penjara karena dinyatakan bersalah pada perkara suap terkait sejumlah proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten setempat. Sementara Tasdi, sang Bupati Purbalingga terdahulu, dijatuhi hukuman 7 tahun penjara karena menerima suap dan gratifikasi dari berbagai pihak.

Untuk sidang Taufik Kurniawan selanjutnya, yakni pada tanggal 27 Maret 2019 besok, rencananya dihadiri lima sampai tujuh orang saksi. Namun Eva belum mau membeberkan siapa-siapa saja orang itu.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Copy Editor :

Yahya Fuad dan Tasdi Bakal Dihadirkan Sebagai Saksi Kasus Suap Taufik