alexametrics

Tegas dan Pasti, Anies Akan Umumkan Tarif MRT Sebelum 24 Maret

20 Maret 2019, 14:05:16 WIB

JawaPos.com – Moda transportasi baru Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan rute Bundaran HI-Lebak Bulus dijadwalkan akan diresmikan Minggu (24/3). Sayangnya, tarif MRT Jakarta masih belum ada titik terang di DPRD DKI Jakarta.

Melihat hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahkan masih terlihat tenang dan dia mengakui semua sudah dalam perbincangan. Sebelumnya, Anies mengakui sudah berkoordinasi dengan Ketua DPRD Prasetyo Edi Marsudi.

“Saya sudah bicara dengan pak ketua DPRD, Insya Allah sebelum tanggal 24 bisa di tetapkan,” ungkap Anies di Gedung Pemkot Jakarta Selatan, Rabu (20/3).

Anies mengakui dalam pembahasan memang seluruh pihak sangat ketat dengan argumennya masing-masing. Namun dapat dipastikan, bahwa tarif selain dihitung per-kilometer tapi juga antar stasiun.

“Tarif MRT ini berbeda dengan tarif moda transportasi lain karena menyesuaikan jarak tempuhnya, jadi tiap titik keberangkatan dan kedatangan itu nanti akan menentukan berapa besarannya, tapi secara umum kira-kira sekitar kurang lebih Rp 1.000 rupiah perkilometer,” jelas Anies.

Menariknya, Anies menyatakan bahwa setelah peresmian periode dari 24 Maret hingga 1 April, Kereta MRT Jakarta masih dalam kondisi gratis untuk masyarakat. Walaupun uji coba dikatakan telah selesai.

“Setelah peresmian tetap berjalan seperti sekarang. Bukan uji coba ya karena (masa) uji cobanya sudah selesai. Tapi ini publik bisa mencoba (tanpa tarif),” tandasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Reyn Gloria

Copy Editor :

Tegas dan Pasti, Anies Akan Umumkan Tarif MRT Sebelum 24 Maret