alexametrics

Tak Hanya Resmikan, Jokowi Juga Akan Grounbreaking MRT Fase II

20 Maret 2019, 08:10:17 WIB

JawaPos.com – Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta fase I saat ini memasuki tahap uji coba publik hingga 23 Maret. Usai uji coba rencananya akan langsung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 24 Maret mendatang.

Berbarengan dengan peresmian operasional kereta Ratangga, juga akan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan MRT fase II. Rute untuk fase II yakni Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa pembangunan fase II akan diawali dengan groundbreaking atau peletakan batu pertama di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

“Bapak Presiden akan menandatangani dua prasasti, satu adalah prasasti peresmian, kedua adalah prasasti groundbreaking. Langsung dua-duanya,” ungkap Anies di Jakarta Utara, Selasa (19/3) malam.

Rencana ini pun telah mendapat persetujuan dari Jokowi dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edy Marsudi. Sehingga pembangunan MRT terus berjalan tanpa jeda.

“Sudah ditetapkan bahwa di Monas akan ada stasiun, stasiun bawah tanah, pintu keluarnya ada dua, satu di sisi selatan, museum nasional. Kemudian kedua di ujung barat daya Monas yang dekat dengan patung kuda,” jelasnya.

Untuk penggunaan lahan itu, Anies mengklaim seluruhnya telah ditetapkan dan disetujui oleh Menteri Sekertariat Negara (Mensesneg). Ia mengaku telah mendapat persetujuan sejak dua pekan lalu.

“Pokoknya nggak bermasalah, seperti saya duga, sudah ditetapkan sudah disetujui kira-kira sekitar dua minggu lalu,” tandasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria

Copy Editor :

Tak Hanya Resmikan, Jokowi Juga Akan Grounbreaking MRT Fase II