alexametrics

Sekabel Jokowi Manfaatkan Tol untuk Ekspor, Efisiensi hingga 50 Persen

20 Maret 2019, 17:17:51 WIB

JawaPos.com – Para pengusaha kayu dan mebel yang segabung dalam Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) Jokowi cukup terbantu dengan keberadaan jalan tol Trans Jawa. Terlebih sekarang ini, jalan tol sudah menyambungkan empat pelabuhan sekaligus yakni Pelabuhan Merak, Tanjung Priok, Tanjung Perak dan juga Pelabuhan Tanjung Mas. Keberadaan jalan tersebut mendorong peningkatan ekspor ke sejumlah negara. 

Sekjen Sekabel Jokowi, Hari Basuki menyampaikan, keberadaan jalan tol Trans Jawa ini memberikan kemudahan dalam proses pengiriman produk kayu dan mebel. Hal ini berdampak pada peningkatan produk untuk dikirimkan ke luar negeri atau ekspor.

“Dalam sebulan, pengusaha kayu dan mebel ini bisa memproduksi dalam jumlah yang cukup besar. Rata, dalam sebulan ekspor yang dilakukan mencapai 1.000 kontainer,” urainya kepada JawaPos.com, Rabu (20/3). 

Pengiriman produk ekspor ini seperti yang dilakukan, hari ini. Belasan kontainer yang bermuatan produk kayu dan mebel berangkat dari jembatan timbang Bangak, Banyudono, Boyolali menuju Semarang.

Hari menguraikan, pengiriman dengan menggunakan jalan tol memberikan efisiensi hingga 50 persen. Selain bisa memangkas waktu, pengiriman produk ke tempat tujuan bisa lebih cepat sampai. “Jika melalui jalan biasa butuh waktu antara 2-3 jam, sedangkan jika lewat jalan tol ini bisa lebih cepat. Karena waktu tempuh hanya 1-1,5 jam saja,” urainya.

Di samping itu, masih kata Hari, sekarang ini jalan tol juga sudah menyambungkan empat pelabuhan sekaligus. Dan ini jelas sangat mendukung pengiriman produk ke sejumlah negara, seperti di Amerika, Eropa dan juga di Asia. 

Pada kesempatan yang sama, Juru Bicara Sekabel Jokowi, Begog Djoko Winarso menyampaikan, keberadaan jalan tol ini menjadi salah satu bukti nyata kinerja Presiden Jokowi. Maka dari itu, Sekabel pun akan berkomitmen untuk terus mendukung dan memenangkan Jokowi. 

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ari Purnomo

Copy Editor :

Sekabel Jokowi Manfaatkan Tol untuk Ekspor, Efisiensi hingga 50 Persen