alexametrics

Pekerja Seni Solo Persembahkan Tarian Satria Pinilih untuk Jokowi

20 Maret 2019, 19:45:04 WIB

JawaPos.com – Seniman dan pekerja seni yang tergabung dalam Pekerja Seni Soeka Jokowi (Prasojo) akan mendeklarasikan dukungannya terhadap Jokowi. Tidak hanya sekadar deklarasi saja, tetapi Prasojo juga akan menampilkan berbagai pertunjukan seni yang akan digelar pada Sabtu (23/3) mendatang.

Dan salah satunya adalah tarian berjudul Satria Pinilih yang akan ditampilkan puluhan penari. Ketua Panitia kegiatan, Heru Mataya menyampaikan, bahwa kegiatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Seniman yang akan terlibat pada pertunjukan tidak hanya dari Solo saja, tetapi juga dari beberapa kota lain. Jumlah peserta yang hadir diperkirakan mencapai 3.500 orang,” ungkapnya saat jumpa pers, Rabu (20/3).

Sejumlah pertunjukan seni yang akan dihadirkan diantaranya, fotrografi, instalasi, fashion, karya tari, musik, artistik dan juga sajian beragam kuliner. Selain dihadiri oleh para seniman, Prasojo juga akan mengundang Capres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi).

“Selain seni tradisi, kami juga akan menghadirkan seni dari para generasi milenial. Karya yang akan ditampilkan oleh para milenial adalah Cahaya Milenial,” urainya.

Pada kesempatan yang sama, Koreografer Tari Satria Pinilih, Djarot B. Darsono mengatakan, pertunjukan Satria Pinilih dianggap sebagai sajian yang paling sesuai dengan sosok Jokowi. Dimana, Satria Pinilih ini mempunyai makna bahwa seseorang itu sudah terpilih oleh alam.

“Satria Pinilih itu lebih bagaimana seseorang sudah terpilih oleh alam itu sendiri. Kalau toh ada pendukungnya, itu adalah pendukung dari alam itu sendiri,” ucapnya.

Menurutnya, terpilihnya sosok oleh alam tersebut sebagai sesuatu yang misteri. Selama ini, memang banyak kandidat dan mereka adalah pilihan dari yang terbaik juga. “Kalau nanti Pak Jokowi hadir, beliau juga akan menyaksikannya. Dan kami memang sudah sepakat untuk membikin pertunjukan ini,” imbuhnya.

Satria Pinilih sendiri akan dimainkan oleh puluhan penari yang terdiri dari beberapa sanggar tari. Seperti Surya Sumirat, dan juga sanggar tari yang lain. Sementara, untuk proses latihannya sendiri lebih kurang memakan waktu selama satu bulan.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ari Purnomo

Copy Editor :

Pekerja Seni Solo Persembahkan Tarian Satria Pinilih untuk Jokowi