alexametrics

Kareta Api Makassar-Parepare Akan Beroperasi 2020

20 Maret 2019, 15:29:30 WIB

JawaPos.com – Jalur kereta api (KA) yang menghubungkan Kota Makassar dengan Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), masih dalam pengerjaan. Total lintasannya sepanjang 104 km. Saat ini jalur yang sudah digarap hampir 44 km. Praktis masih ada 60 km lagi yang harus dikerjakan.

“Nanti bersamaan akan kami koneksikan beberapa pabrik semen di sini. Pada saat itu, kami mulai operasikan. Jadi kira-kira kami mulai beroperasi akhir 2020,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai peninjauan pengerjaan rel kereta di Kabupaten Barru, Rabu (20/3).

Proyek kereta yang menghubungkan daerah-daerah lain di Sulsel merupakan pertama di Indonesia. Kereta mempunyai fungsi ganda. Selain menangangkut penumpang, gerbong juga difungsikan untuk mengangkut logistik. Khususnya pendistribusian material pembangunan.

“Kereta Makassar-Parepare ini pertama kali. Kami gunakan kombinasi untuk penumpang sama untuk barang. Untuk barang mengangkut batubara dari Pulau Kalimantan masuk ke pelabuhan (Makassar-Parepare). Setelah itu dari pabrik pengangkut semen (ke daerah lain). Itu pasti lebih ekonomis dan memastikan jalan raya tetap awet,” jelas Budi.

Terdapat sejumlah pabrik material bangunan berupa semen yang nantinya mengangkut logistik ke daerah-daerah tujuan menggunakan kereta api ini. Pembangunan kembali dilanjutkan dengan menyisir kawasan strategis lain.

“Untuk penumpang setelah 104 km, kami akan teruskan ke Makassar bahkan ke bandara. Yang Parepare juga diteruskan. Jadi Makassar-Parepare untuk penumpang kami perkirakan 2023,” ujar Budi.

Pengoperasian kereta api ini diklaim dapat menghemat anggaran untuk perbaikan sarana transportasi darat. Seperti jalanan mencapai 20-30 persen. Artinya pemerintah daerah tidak terlalu dibuat berpikir untuk mentaktisi kondisi perbaikan jalan akibat aktifitas tranportasi kendaraan berat jika kereta api resmi beroperasi.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri menambahkan, pembangunan jalur kereta terbagi dalam 5 segmen. Untuk penyelesaian 104 km masuk dalam ketegori segmen pertama. Kedua, pengerjaan dilakukan sejak 2015 hingga 2019. Fokus pembangunannya dari Makassar ke Kabupaten Barru sebelum masuk ke kota terakhir di Parepare.

“Konsep kami akan upayakan ini semua dengan pelibatan pihak swasta. Kami sudah mulai di sini. Ada 15 km yang akan mereka bangun. Selanjutnya untuk prasarana, kami juga sediakan lahan untuk mereka. Jadi mereka akan mengoperasikan dan merawat hanya untuk di jalur prasarana saja. Belum kereta karena ada juga nanti operator kereta,” imbuhnya.

Proyek pembangunan kereta api Makassar-Parepare diklaim sebagai model penerapan terbaru dalam sistem industri perkeretaapian di Indonesia. Sebab di dalamnya selain melibatkan pihak swasta, juga mengadakan dua operator sekaligus. Yakni, operator prasarana dan kereta.

“Kalau di Jawa, semua kami tugaskan kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk yang jalur-jalur umum. Dia yang mengoperasikan. Dia yang merawat prasarana dan sarana punya pemerintah. Dia juga yang menggunakan prasarana tersebut untuk operasi keretanya,” ulasnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Sahrul Ramadan

Copy Editor :

Kareta Api Makassar-Parepare Akan Beroperasi 2020