alexametrics

Kanwil Kemenkum HAM Jatim Pajang Hasil Karya Warga Binaan

20 Maret 2019, 21:11:30 WIB

JawaPos.com – Kanwil Kemenkum HAM Jatim kini memamerkan hasil karya warga binaan se-Jawa Timur di ruang tengah kantornya. Hasil karya yang dipamerkan ada bermacam-macam. Mulai dari kerajinan tangan hingga hasil makanan olahan.

Selain dipamerkan kepada tamu yang datang ke kanwil, hasil karya itu juga dijual. ”Nanti uangnya untuk kas negara,” ucap Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jatim Susy Susilawati, Rabu (20/3).

Harga hasil karya dan olahan makanan dari warga binaan cukup terjangkau. Namun, juga ada berberapa yang mahal. Tergantung dari kerumitan pembuatan hasil tersebut.

Susy menambahkan, pameran hasil karya ini bakal berjalan terus. Sebab, hal itu merupakan apresiasi terkait program pembinaan dalam rutan dan lapas. ”Setiap tiga bulan sekali diganti hasil karyanya,” imbuhnya.

Pembuatan setiap karya memiliki ciri khas masing-masing. Seperti Rutan Kelas II Sumenep yang membuat batik. Sumenep memang menjadi salah satu sentra batik Madura.

Tak hanya Sumenep yang punya ciri khas, kantor pemasyarakatan lainnya juga berlaku. Lapas kelas I Surabaya, menyumbang hasil olahan sambel klothok. Sementara, madiun pahatan kayu yang dijadikan kapal laut. Hingga, terakhir sepatu karya Lapas Mojokerto.

”Semuanya di sini dijual. Tapi sayang, karena tidak cukup tempatnya hanya sebagian yang dipamerkan. Makanya, setiap tiga bulan kami gilir. Kecuali batik, karena memang bagus dan jarang,” ujar Susy.

Sementara itu, Kasubbag Humas Kanwil Kemenkum HAM Jatim, Ishadi Maja Prayitno mengatakan rencananya ada ruang khusus yang dibangun di depan untuk memamerkan hasil karya warga binaan.

”Unik-Unik, tapi kami kesulitan untuk menjualnya. Rencananya kami mencoba menggandeng dinas UMKM jatim untuk bekerja sama,” ucapnya

Editor : Dida Tenola

Reporter : Denny Mahardika

Copy Editor :

Kanwil Kemenkum HAM Jatim Pajang Hasil Karya Warga Binaan