alexametrics

Jenazah Korban Longsor Bantul Ditemukan Seperti Berpelukan

Operasi Resmi Ditutup
20 Maret 2019, 17:37:22 WIB

JawaPos.com – Korban longsor atas nama Rufi Kusuma Putri, 9; dan Eko Supatmi, 50, warga Dusun Kedung Buweng, RT 2, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) akhirnya ditemukan pada Rabu (20/3) sore. Keduanya ditemukan tertimbun material beton bercampur tanah dan lumpur, dalam posisi seperti berpelukan.

“Ditemukan di ruang belakang. Posisi kedua korban berdekatan, kemungkinan seperti berpelukan,” kata Kasi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Jogjakarta, Aditya Dwi Hartanto, Rabu (20/3).

Evakuasi terlebih dahulu dilakukan terhadap jenazah Rufi. Baru kemudian petugas mengangkat jenazah yang kedua, Eko Supatmi. “Tumpukan material agak tebal. Bercampur beton, bukan hanya tanah dan lumpurnya. Kedalaman 4 sampai 5 meter,” katanya.

Jenazah Korban Longsor Bantul Ditemukan Seperti Berpelukan
Kondisi dari 2 jenazah itu kurang lebih masih utuh. Keduanya dibawa ke RS Bhayangkara Jogjakarta sebelum diserahkan ke pihak keluarga. (Ridho Hidayat/JawaPos.com)

Kondisi dari 2 jenazah itu kurang lebih masih utuh. Keduanya dibawa ke RS Bhayangkara Jogjakarta sebelum diserahkan ke pihak keluarga. “Dengan sudah ditemukannya korban, operasi kami tutup,” ucapnya.

Bupati Bantul Suharsono menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada seluruh petugas yang telah membantu melakukan evakuasi pencarian terhadap 2 warganya. Ke depan, warga yang tinggal di kawasan rawan longsor diimbaunya sementara mengungsi ke tempat yang aman. Karena kondisi cuaca yang masih sering hujan.

“Ini namanya musibah, kita tidak bisa memprediksi. Kita harus menerima keadaan, semangat dan bangkit,” ucapnya.

Sebelumnya, 2 korban Rufi dan Eko diketahui menjadi korban tanah longsor yang terjadi pada Minggu (17/3) malam. Dengan ditemukannya 2 jenazah ini total jumlah korban jiwa yang meninggal atas bencana itu sebanyak 5 orang di Kabupaten Bantul.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Jenazah Korban Longsor Bantul Ditemukan Seperti Berpelukan