alexametrics

Baru Tiga Stasiun MRT Terintegrasi dengan Transjakarta

20 Maret 2019, 06:30:33 WIB

JawaPos.com – Tinggal sepekan ke depan, moda transportasi baru nan modern Moda Raya Terpadu (MRT) akan beroperasi. Bagi yang belum merasakan kereta cepat ini, tentunya perlu mengetahui fakta-faktanya.

MRT Jakarta dengan rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) ini, beberapa stasiun sudah terintegrasi dengan Transjakarta. Sehingga memudahkan penumpang untuk menyambung ke lokasi lainnya.

Setidaknya ada tiga stasiun yanv sudah terintegrasi dengan Transjakarta. Seperti di Stasiun Dukuh Atas menyambung dengan Halte Bundaran HI dan Halte Tosari. Kemudian Halte CSW koridor 13 yang akan terintegrasi dengan Stasiun MRT Sisingamangaraja. Terakhir, Halte Lebak Bulus koridor 8 yang akan terhubung dengan Stasiun MRT Lebak Bulus.

Baru Tiga Stasiun MRT Terintegrasi dengan Transjakarta
Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI) (Reyn Gloria/JawaPos.com)

“Kalau Dukuh Atas nanti banyak integrasinya, tapi saat ini yang sudah tersedia bisa langsung terhubung ke Transjakarta. Juga, kalau jalan sedikit ke kereta bandara dan Stasiun Sudirman KRL,” tutur salah satu petugas di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Selasa (19/3).

Menariknya beberapa stasiun MRT juga terintegrasi dengan beberapa pusat perbelanjaan. Dengan menyambung naik bus ataupun berjalan kaki saja, sudah bisa menikmati waktu bersama keluarga.

Salah satu penumpang, Bobi, 45, menyatakan sangat diuntungkan dengan keberadaan MRT rute Lebak Bulus-HI. Karena, ia memang sering beraktivitas ke Blok M. Selama ini ia menggunakan mobil untuk menuju Blok M, namun ketika mencoba dengan MRT, semuanya dirasa begitu mudah.

“Oh senang saya, gampang nyambungnya. Saya tinggal di Lebak Bulus memang berhenti di sini (Blok M). Jalan saja sampai ini, keren sih semoga nggak mahal ya,” ucap Bobi tertawa.

Selanjutnya, penumpang juga dapat dimanjakan dengan 16 gerai UMKM yang akan menjajakan dagangannya di kawasan stasiun MRT. Diantaranya, delapan gerai kuliner, lima gerai fesyen, dan tiga gerai kriya atau kerajinan tangan.

Nantinya 16 gerai tersebut akan ada di lima stasiun strategis MRT. Seperti, Stasiun Lebak Bulus (enam gerai), Stasiun Fatmawati (enam gerai), Stasiun Haji Nawi (satu gerai), Stasiun Blok A (satu gerai), dan Stasiun Dukuh Atas (dua gerai).

Untuk diketahui, setiap rangkaian Ratangga nama untuk kereta MRT terdapat enam gerbong, yang masing-masing berisi 58 kursi. Seperti Commuterline, MRT juga memiliki enam kursi prioaritas di setiap gerbong.

Direncanakan operasional MRT Jakarta akan diresmikan pads 24 Maret. Seluruh fasilitasnya pun direncanakan akan berfungsi secara serentak. Walaupun memang tarif sendiri masih proses finalisasi di DPRD DKI Jakarta.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria

Copy Editor :

Baru Tiga Stasiun MRT Terintegrasi dengan Transjakarta