alexametrics

Anies Yakini Jalur Kereta Layang Bisa Kurangi Kemacetan

20 Maret 2019, 13:43:23 WIB

JawaPos.com – Recana pembangunan jalur layang untuk kereta api kembali mencuat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun mendukung rencana tersebut, karena dinilai bisa mengatasi kemacetan di ibu kota.

Anies mengatakan dengan lintasan sebidang, maka sejumlah titik akan terjadi kemacetan. Sebab headway commuter line saat ini hanya berkisar 3-5 menit. 

“Untuk jalur kereta api yang ada di bawah akan dinaikkan, itu akan muter (loop line) 27 kilometer. Sehingga tidak ada lagi kemacetan akibat kereta api yang berhenti,” jelas Anies di Gedung Pemkot Jakarta Selatan, Rabu (20/3).

Anies menyakini rencana itu bisa menjadi solusi kemacetan di ibu kota. Sehingga tak ada pertemuan perlintasan sebidang, antara jalur kereta dengan kendaraan. Jalur kereta layang ini baru terealisasi pada jalur Cikini ke Stasiun Kota. 

“Kalau sekarang kereta apinya tiap 5 menit lewat, macetnya belum teruraikan kereta sudah lewat lagi, jadi di Jakarta ada 27 kilometer lintasan yang sebidang, ini akan dinaikkan,” terangnya.

Untuk bisa merealisasikan rencana ini, harus dilakukan koordinasi berbagai pihak. Mengingat anggaran untuk pembangunannya pun memakan biaya yang tinggi. 

“Ini bukan sekedar membangun yang baru tapi juga mengoreksi masalah yang selama ini ada. Kami sudah cek kalau menggunakan underpass tidak mungkin karena tempatnya sebagian sempit,” tutur Anies.

Untuk diketahui, rencana ini akan masuk dalam anggaran Rencana Induk Transportasi yang mencapai Rp 571 triliun. Proses ini ditargetkan akan selesai dalam 10 tahun ke depan.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria

Copy Editor :

Anies Yakini Jalur Kereta Layang Bisa Kurangi Kemacetan