alexametrics

30 Pohon Akasia Tumbang akibat Terdampak Abu Vulkanis Gunung Bromo

20 Maret 2019, 20:05:38 WIB

JawaPos.com – Gunung Bromo masih erupsi dan mengeluarkan material abu vulkanik. Dampak erupsi itu dirasakan tanaman di sekitarnya. Puluhan pohon di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) tumbang akibat abu vulkanis setebal 2 cm.

Kepala Bagian Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Syarif Hidayat mengatakan, setidaknya ada 30 pohon tumbang karena volume debu dan cuaca. Pohon yang tumbang tersebut berjenis Acacia decurrens atau akasia.

Dia menyampaikan, ada beberapa kawasan yang terdampak cukup parah akibat semburan abu vulkanis tersebut. “Kawasan paling parah terdampak adalah Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, kawasan Pananjakan dan Wonokitri, Kabupaten Pasuruan,” ujarnya, Rabu (20/3).

Selain berdampak pada tumbuhan, abu vulkanis yang berupa abu dan kerikil tersebut juga menutup rumah serta pertanian di sekitar. “Abu vulkanis yang menutup atap rumah dan tanaman pertanian informasinya setebal 0,5 centimeter hingga 1 centimeter,” jelasnya.

Meskipun begitu, abu vulkanis tersebut tidak sampai mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Abdurahman Saleh, Malang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gunung Bromo sempat terjadi beberapa kali letusan. Pada Senin (18/3) pukul 00.00 WIB – 24.00 WIB, terjadi 28 kali letusan dengan amplituda 25 – 34 mm selama 17 – 889 detik. Tremor menerus amplitudo 0,5 – 30 mm, dominan 2 mm. Tinggi kolom abu vulkanis berkisar 500 hingga 1.500 meter.

Selanjutnya pada Selasa (19/3) pukul 06.00 WIB – 12.00 WIB, sudah terjadi 5 kali letusan. Asap kawah bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna kelabu dan hitam dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 900 – 1.500 meter dari puncak kawah. Hujan abu terlihat di pos pengamatan Gunung Bromo. Bahkan, terdengar suara gemuruh dan dentuman dari kawah. Saat ini status Gunung Bromo tetap waspada atau berada di level II.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Fiska Tanjung

Copy Editor :

30 Pohon Akasia Tumbang akibat Terdampak Abu Vulkanis Gunung Bromo