alexametrics

2 Kilo Sabu Asal Pekanbaru Gagal Beredar di Sumbar

20 Maret 2019, 18:04:17 WIB

JawaPos.com – Dua tersangka pengedar narkotika jenis sabu diringkus jajaran Polda Sumatera Barat (Sumbar). Sedikitnya, 2 kilogram sabu berhasil diamankan petugas di Kota Bukitinggi.

Direktur Resnarkoba Polda Sumbar Kombes Pol Ma’mun mengatakan, kedua pelaku yang berinisial H, 42, dan DT, 43, dibekuk di dua lokasi berbeda. Tersangka DT ditangkap Sabtu (16/3) di kawasan jalan raya Bukittinggi-Payakumbuh.

Untuk megecoh petugas, tersangka DT yang mengemudikan mobil merek Toyota Agya membawa istri dan anaknya xari Pekanbaru menuju Kota Padang.

“Modusnya kami perhatikan mengendarai mobil pribadi berserta keluarga. Anak dan istrinya ini tak tau apa-apa. Ini kamuflasenya, keluarga,” kata Kombes Pol Ma’mun saat menggelar konfrensi pers di Mapolda Sumbar, Rabu (20/3).

Dari tangan DT ini, petugas mengamankan satu paket besar sabu seberat 1.039,84 gram. Kuat dugaan, sabu yang diakuinya berasal dari Pekanbaru akan diedarkan di Kota Padang.

Di hari yang sama, polisi juga mengamankan H di kawasan Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam. Tersangka kedua ini juga mengendarai mobil jenis Toyota Kijang Super. Pelaku ini membawa BB sabu yang juga 1 kilogram.

Menurut Ma’mun, kemasan sabu dua tersangka ini nyaris sama. Namun, pelaku DT dan H ini mengaku tidak saling kenal. “Kedua tersangka dijerat Pasal 114 Ayat 2 sub Pasal 112 ayat 2 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman seumur hidup hingga hukuman mati,” katanya.

Hingga kini, pihaknya masih terus melakukan pengembangan terhadap kasus narkoba dengan jumlah besar ini. Termasuk melacak siapa pemasok sabu dari Pekanbaru itu. 

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Riki Chandra

Copy Editor :

2 Kilo Sabu Asal Pekanbaru Gagal Beredar di Sumbar