alexametrics

Jual Gas Melon di Atas Harga Eceran, 2 Agen Ditangkap Polisi

20 Maret 2018, 15:09:39 WIB

JawaPos.com – Polresta Banda Aceh mengungkap penjualan gas elpiji 3 kilogram atau gas melon di atas harga eceran tertinggi (HET) di dua lokasi berbeda. Polisi juga mengamankan dua agen mereka berinisial SM dan RA.

“Kita melakukan penangkapan terkait dengan laporan masyarakat. Mereka ditangkap tadi malam,” kata Kapolresta Banda Aceh AKBP Trisno Riyanto kepada wartawan di Mapolresta Banda Aceh, Selasa (20/3).

Trisno mengatakan, pengankapan berawal dari informasi yang diperoleh dari masyarakat karena adanya kelangkaan gas elji 3 Kg di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar. Setelah itu pihaknya melakukan penyelidikan hingga akhirnya menemukan penjualan gas di atas HET.

“Kita melakukan penyelidikan dan ditemukan penjualan gas elpiji tidak sesuai dengan harga enceran,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kedua tersangka ditangkap di dua lokasi berbeda di Kabupaten Aceh Besar, yakni Gampong Neuheun, Kecamatan Mesjid Raya dan Lambaro Samahani, Kecamatan Kuta Malaka. Selama ini mereka menjual elpiji di atas HET dengan harga bervariasi mulai Rp 35ribu, Rp 33 ribu, dan Rp 29 ribu.

“Sehingga kita melakukan upaya penindakkkan terhadap agen tersebut. Dua tersangka kita amankan,” tambahnya.

Kedua tersangka ini dijerat dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi dan terancam 6 tahun penjara. Polresta Banda Aceh mengimbau masyarakat untuk melapor jika menemukan dan mendapati agen yang menjual elpiji di atas HET yang telah ditentukan pemerintah.

“Segera menginformasikan kepada kami. Kita akan mengkoordinasikan dengan Pertamina untuk melakukan penindakan. Jangan sampai merugikan masyarakat,” tegasnya.

Setelah terungkap kasus ini, pihaknya juga akan melakukan pengecekkan dan pemeriksaan setiap pangkalan elpji yang ada di wilayah Banda Aceh. Polresta Banda Aceh telah berkoordinasi dengan Pertamina wilayah Aceh.

Dari hasil pengungkapan ini polisi juga menyita sebanyak 312 tabung gas elpiji 3 Kg. Kini masih diamankan di Mapolresta Banda Aceh.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (mal/JPC)

Jual Gas Melon di Atas Harga Eceran, 2 Agen Ditangkap Polisi