alexametrics

Polrestabes Surabaya bakal Musnahkan Ratusan BB Motor Hasil Kejahatan

20 Februari 2019, 14:39:17 WIB

JawaPos.com- Halaman di depan Gedung Anindita Polrestabes Surabaya dipenuhi kendaraan roda dua. 107 sepeda motor itu merupakan barang bukti (BB) hasil tindak kejahatan. Rencananya, polisi akan memusnahkan kendaraan tersebut.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran mengatakan, BB tersebut disita dari para tersangka. Rata-rata hasil tindak kejahatan 3C (curat, curas, curanmor). Ada pula yang terkait kasus penggelapan.

Satreskrim akan berkoordinasi dengan Sattahti untuk mendata BB tersebut. Motor yang masih ada pemiliknya akan dikembalikan.

“Kalau yang tidak bertuan, nanti akan kami mintakan penetapan ke pengadilan untuk dimusnahkan,” kata Sudamiran, Rabu (20/2).

Perwira polisi dengan dua melati di pundak itu menyebutkan beberapa jenis BB yang tak bertuan. Salah satunya motor milik pelaku tindak kejahatan. Kendaraan yang dipakai beraksi kerap ditinggalkan begitu saja ketika ada penyergapan. Setelah dicek, nopol motor itu palsu. Jadi, belum diketahui pemilik yang sebenarnya.

Ada pula kendaraan yang merupakan BB kasus kredit macet. Kebanyakan motor yang bermasalah dengan leasing merupakan BB penggelapan. Pihak leasing sudah lepas tangan karena sudah dapat ganti rugi dari asuransi.

“Tapi BPKB masih di leasing. Jadi tidak jelas pemiliknya siapa. Untuk yang seperti itu nanti akan dimusnahkan juga,” pungkasnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Arif Adi Wijaya

Copy Editor :

Polrestabes Surabaya bakal Musnahkan Ratusan BB Motor Hasil Kejahatan