alexametrics

Pendaftar PPPK Batam Jauh di Bawah Kuota

20 Februari 2019, 18:45:42 WIB

Jawapos.com – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam mencatat, ada 157 pendaftar dari kategori honorer K2 yang akan mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Jumlah tersebut, jauh dibanding kuota yang disampaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Batam sebanyak 336 pendaftar.

Kepala BKPSDM Kota Batam, M Sahir menjelaskan, pihaknya tidak mengetahui apa penyebab minimnya pendaftar PPPK. Padahal, BKPSDM sudah melakukan sosialisasi perihal peluang bekerja di lingkungan Pemkot Batam dengan sistem kontrak ini.

“Kita sudah sosialisasikan, tapi memang jumlah yang mendaftar segitu,” kata Sahir ketika ditemui di Kantor Wali Kota Batam, Rabu (20/2).

Dari 157 pendaftar, kata Sahir, hanya ada empat formasi untuk penyuluh pertanian. Sementara sisanya, adalah mereka yang memilih formasi sebagai guru. Sebanyak 57 guru honorer K2 yang sebelumnya gagal ketika mengikuti tes CPNS pada 2013 lalu, ikut memdaftar pada penerimaan PPPK periode pertama ini.

Sesuai dengan peruntukannya, penerimaan pertama ini memang difokuskan pada pendaftar yang merupakan honorer K2. Saat ini, BKPSDM tengah memproses berkas yang telah masuk.

Setelah itu akan dilakukan tes pada 23 Februari mendatang. Untuk pelaksanaan tes sendiri, akan dilaksanakan sebanyak dua sesi dengan 120 unit komputer yang disediakan panitia.

“Proses ujiannya sama dengan UNBK. Nanti akan dilaksanakan sebanyak dua sesi, sesuai dengan jumlah peserta yang ikut,” kata Sahir lagi.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, HM Rudi menyampaikan, Pemkot Batam pada dasarnya akan mengikuti aturan yang disampaikan pusat. Hanya saja, pengenaan gaji PPPK dengan anggaran APBD, akan memberatkan APBD yang defisit.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Bobi Bani

Copy Editor :

Pendaftar PPPK Batam Jauh di Bawah Kuota