alexametrics

80 Ribu Lebih Pemilih di Sulsel Belum Lakukan Perekaman e-KTP

20 Februari 2019, 17:04:35 WIB

JawaPos.com- Sebanyak 80 ribu lebih pemilih potensial dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) belum melakukan perekaman KTP Elektronik. Padahal, pelaksanaan Pemilu 2019 kurang dua bulan lagi.

Komisioner KPU Sulsel Uslimin mengatakan, mereka merupakan warga yang telah memenuhi syarat memilih, sehingga dimasukkan dalam data terpisah bernama formulir AC KWK. “Mudah-mudahan saat penetapan tahap kedua nanti sudah diselesaikan,” kata Uslimin, Rabu (20/2).

Data pemilih non e-KTP itu telah berkurang dibandingkan 115 ribu yang dimasukkan ke dalam daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP), pada Desember 2018 lalu. Jumlahnya diharapkan terus berkurang sebelum penetapan daftar pemilih tambahan (DPTb) tahap II, Maret nanti.

KPU Sulsel memberi batas hingga 28 Februari kepada pemilih potensial untuk melakukan perekaman e-KTP agar bisa masuk ke dalam DPTb. Namun jika lewat dari tenggat, mereka tetap bisa menggunakan hak pilih pada pemungutan suara 17 April mendatang.

“Tapi dengan catatan, pemilih mendapatkan surat keterangan khusus dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat,” ujarnya.

Uslimin menyatakan, hal ini diatur dalam Petunjuk Teknis KPU RI Nomor 277 Tahun 2019. Di sisi lain, KPU Sulsel akan terus mendata ulang para pemilih yang masuk dalam form AC KWK, apakah masih memenuhi syarat atau tidak.

“Bisa menggunakan surat keterangan dari Disdukcapil, selama orangnya masih ada. Di sejumlah kabupaten/kota ditemukan ada pemilih AC yang sudah tidak di tempat, jadi di TMS-kan (tidak memenuhi syarat),” ucapnya.

KPU Sulsel juga sebelumnya telah menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi DPTb Tahap I, Selasa (19/2). Dalam rapat tersebut ditetapkan 7.067 pemilih baru yang masuk daftar. Sedangkan terdapat 4.478 pemilih yang keluar dari Sulsel.

Sampai saat ini tercatat DPT di Sulsel sebanyak 6.161.964 pemilih. Mereka tersebar di 24 kabupaten/kota. Tahap II rekapitulasi DPTb tingkat provinsi akan digelar pada 13-14 Maret mendatang.

“Pemilih tersebar di 307 kecamatan, 3.047 desa/kelurahan, dengan total keseluruhan Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjumlah 26.356,” kata Ketua KPU Sulsel Misna M Attas sebelumnya.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu Sulsel Amrayadi meminta pemerintah melalui Disdukcapil agar menuntaskan persoalan perekaman data e-KTP. Demikian juga KPU, diiharapkan memberi kepastian bagi pemilih tanpa kartu identitas.

“Karena jika dibiarkan, dikhawatirkan akan menjadi polemik saat pemungutan suara. Sebab ini akan jadi problem, jika pemilih AC itu tidak memiliki identitas sampai pemilihan nantinya,” ucap Amrayadi.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Sahrul Ramadan

Copy Editor :

80 Ribu Lebih Pemilih di Sulsel Belum Lakukan Perekaman e-KTP