alexametrics

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Teken Kontrak dengan Pemprov Jatim

Kembangkan Mobil Listrik dan Swasembada
20 Januari 2022, 19:14:12 WIB

JawaPos.com–Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menandatangani kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kamis (20/1). Ridwan Kamil mengaku sejak dulu bermimpi untuk membangun kerja sama antarprovinsi.

”Perjanjian ini sebagai formalisasi cita-cita untuk meningkatkan volume kerja sama dan pembangunan Indonesia. Karena biasanya B2B (business to business) sekarang G2G (government to government),” kata Ridwan Kamil saat menandatangani perjanjian kerja sama di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Ridwan Kamil memilih Jawa Timur karena kedua provinsi dikenal sebagai provinsi terbesar di Indonesia. Sosok yang akrab dengan panggilan Kang Emil itu optimistis kerja sama antarprovinsi tersebut akan meningkatkan perekonomian Indonesia.

”Jawa Barat dan Jawa Timur merupakan 2 provinsi terbesar di Indonesia. Warga Jabar sebanyak 50 juta. Jatim sebanyak 40 juta. Kalau digabung, ini menjadi Volume ekonomi untuk 90 juta manusia,” ucap Ridwan Kamil.

Beberapa program yang diteken bersama Pemprov Jatim di antaranya adalah penurunan angka kemiskinan, swasembada pangan, industri garmen, dan manufaktur. Jabar dikenal dengan perusahaan garmen dan SDM yang mumpuni dalam membuat mobil listrik.

”Selama Covid-19, otomatis ekonomi harus dijaga. Kami banyak impor sapi. Dengan kerja sama ini, kami ingin belajar bagaimana Jatim menstabilkan perekonomian dan stok pangan,” tutur Ridwan Kamil.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini, ARM

Saksikan video menarik berikut ini: