alexametrics

Tak Sekadar Nama Jalan, Chatib Sulaiman Menuju Pahlawan Nasional

20 Januari 2019, 19:47:57 WIB

JawaPos.com – Nama Chatib Sulaiman tak asing di telinga warga Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Apalagi, nama tersebut diabadikan menjadi nama salah satu ruas jalan utama yang kerap dijadikan jalan untuk balapan liar anak-anak muda di malam hari.

Almarhum Chatib Sulaiman adalah salah satu tokoh yang wafat saat berjuang mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 15 Januari 1949. Chatib bersama 68 pejuang lainnya meninggal dalam peristiwa Situjuah di Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Sepantasnya beliau (Chatib Sulaiman) kita dukung bersama untuk mendapatkan gelar sebagai pahlawan nasional,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat menghadiri Car Free Day (CFD) perdana di Jalan Chatib Sulaiman, Minggu (20/1).

Wakil Gubenur Sumbar Nasrul Abit yang turut menghadiri CFD menambahkan, Sabtu (19/1) kemarin, dia diundang menghadiri seminar nasional yang diselenggarakan Yayasan Chatib Sulaiman.

“Bedah buku dan seminar 70 tahun wafatnya beliau (Chatib). Lalu dibahas segala sesuatu untuk penyiapan pengusulan Chatib Sulaiman jadi pahlawan,” terangnya.

Jika dilihat sejarahnya, lanjut politisi Gerindra itu, Chatib Sulaiman sosok berpengaruh dalam mempertahankan kemerdekaan RI. Namanya (Chatib) juga masuk dalam Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang terjadi pada 22 Desember 1948-13 Juli 1949 dibawah komando Syafruddin Prawiranegara.

“Chatib Sulaiman gugur saat mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Beliau ketua markas pertahanan rakyat daerah di PDRI,” kata Nasrul Abit.

Nasrul berharap, nama Chatib Sulaiman tidak saja abadi di sepanjang jalur lurus depan Masjid Raya Sumbar. Namun, betul-betul masuk menjadi pahlawan bangsa dari tanah Minangkabau.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Riki Chandra



Close Ads
Tak Sekadar Nama Jalan, Chatib Sulaiman Menuju Pahlawan Nasional