alexametrics

Pengamat Sarankan Anies Tiru Langkah Jokowi Saat Tertibkan PKL

20 Januari 2019, 06:55:49 WIB

JawaPos.com – Penertiban PKL Tanah Abang oleh Satpol PP berujung ricuh dan mengakibatkan kerusakan mobil petugas. Hal ini menjadi keprihatinan atas langkah yang diambil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidaklah tegas.

Pengamat Tata Kota Nirwono Joga menyebutkan hal ini adalah kemunduran karena tidak adanya perubahan selama pemerintahan Anies. Sudah seharusnya, Anies mencontoh pendahulunya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

“Ini jelas kemunduran, saat di awal era Pak Jokowi terutama Tanah Abang, sempat menikmati kebersihan ketertiban penataan PKL dan terbukti bisa. Itu masa paling berhasil penataan Tanah Abang sampai sekarang,” ungkapnya saat dihubungi, Sabtu (19/1).

Pengamat Sarankan Anies Tiru Langkah Jokowi Saat Tertibkan PKL
Pedagang tempati Skybridge Tanah Abang (Salman Toyibi/Jawa Pos)

Nirwono pun meminta agar Anies tidak perlu gengsi untuk berguru atau mencontoh langkah Jokowi dalam menertibkan dan menjaga PKL. Sebab jika tidak, maka PKL di Tanah Abang akan terus menjamur walaupun ada Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Tanah Abang.

“Setiap gubernur justru harus berbesar hati untuk meneruskan program atau langkah gubernur terdahulu yang sudah terbukti berhasil. Ya, tinggal diteruskan kalau perlu disempurnakan,” tegasnya.

Selain itu, Nirwono menyoroti tingkah Anies yang melakukan pembiaran trotoar di Jakarta Selatan untuk dipakai berjualan. Seharusnya, ia meminta Anies mengevaluasi wali kota yang keluar dari jalur aturan.

“Seluruh wali kota harus segera menertibkan PKL termasuk di Jaksel yang malah diberikan lahan di trotoar, kalau ngaco wali kotanya berhentikan saja. Satpol PP lakukan penertiban besar-besaran PKL menjamur tuh di trotoar,” tandasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria


Close Ads
Pengamat Sarankan Anies Tiru Langkah Jokowi Saat Tertibkan PKL