alexametrics

Pengamat Nilai Anies Tak Tegas Tertibkan PKL di Tanah Abang

20 Januari 2019, 00:25:21 WIB

JawaPos.com – Penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di Tanah Abang oleh Satpol PP beberapa waktu lalu berakhir ricuh. Hal itu dinilai sebagai bentuk kegagalan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengatur warganya.

Pengamat Perkotaan Nirwono Joga mengatakan, penertiban harus dilakukan secara tegas terhadap PKL liat yang tidak disiplin. Sebab sejak awal, trotoar Jalan Jatibaru tidak diperuntukkan untuk berdagang.

“Sekali lagi membuktikan kita membutuhkan gubernur DKI yang tegas. Sebelum Jalan Jatibaru ditutup, JPM dibangun serta melarang PKL berjualan di trotoar, pedagang tidak akan berani seperti sekarang,” ungkapnya saat dihubungi, Sabtu (19/1).

Pengamat Nilai Anies Tak Tegas Tertibkan PKL di Tanah Abang
Skybridge Tanah Abang (Salam Toyibi/Jawa Pos)

Nirwono menyatakan terlebih sudah adanya Jembatan Penyebrangan Multiguna (JPM) Tanah Abang, seharusnya Anies bisa menindak pedagang yang masih membandel berjualan di trotoar. Begitupula dengan Jalan Jatibaru yang sudah dibuka, itu seharusnya bisa terus dipertahankan.

“Segera data PKL yang ada, disepakati dan dikunci. Segera didistribusikan ke pasar rakyat, pusat perbelanjaan, perkantoran atau libatkan dalam festival. Sehingga, PKL tetap bisa berjualan tanpa melanggar aturan,” jelasnya.

Terakhir, Nirwono menyatakan dan meyakinkan bahwa Satpol PP jangan menjadi takut kepada amukan pedagang liar. Sebab, kinerja Satpol PP terus didukung oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Ketegasan Satpol PP dan didukung penuh gubernur DKI, wali kota, camat dan lurah. Jadi tenang saja, ini berlaku untuk seluruh wilayah DKI Jakarta,” tandasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria


Close Ads
Pengamat Nilai Anies Tak Tegas Tertibkan PKL di Tanah Abang