alexametrics

Masa Tanggap Darurat Semeru Sampai 24 Desember

Antisipasi Kemungkinan Lahar Dingin
19 Desember 2021, 12:31:21 WIB

JawaPos.com–Posko tanggap darurat bencana dampak awan panas dan guguran Gunung Semeru mengumumkan, seminggu ke depan akan dilakukan masa tanggap darurat. Masa tanggap darurat selama 18–24 Desember itu dilakukan atas berbagai pertimbangan.

Komandan Posko Kolonel inf Irwan Subekti menyatakan, tiga bulan ke depan masih ada kemungkinan curah hujan tinggi. Hujan itu ditengarai akan memunculkan lahar dingin.

”Saat ini fokus dengan peningkatan kualitas pelayanan pengungsi. Kami juga membuat sodetan dan tanggul untuk mengarahkan lairan sungai tertahan dari atas menuju ke Kebon Deli,” papar Irwan, Minggu (19/12).

Dia menjelaskan, aliran sungai sebelumnya melebar. Mulai dari Kampung Renteng maupun Sumber Wuluh. ”Kemudian relokasi pengungsi Kecamatan Pronojiwo sudah disiapkan,” ujar Irwan.

Rencananya, warga asal Kecamatan Pronojiwo direlokasi ke wilayah Oro-oro Ombo. Sedangkan pengungsi asal Kecamatan Candipuro akan direlokasi di Sumbermujur.

Saat ini, Irwan menyebut, petugas tengah melakukan koordinasi dengan perhutani dan masyarakat. ”Sehingga ketika pengerjaan infrastuktur dilakukan, tidak ada masalah,” ujar Irwan.

Diaa menjamin pencarian korban hilang masih terus dilakukan sambil mengerjakan infrasktuktur. ”Masih ada 9 orang yang hilang. Tapi kami tidak ada fokus pencarian di titik tertentu Sambil melakukan pengerjaan infrastuktur, kami lakukan pencarian,” terang Irwan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads