alexametrics

Sterilisasi Gereja di Malang, Brimob Terjunkan Dua Tim Jibom

19 Desember 2018, 19:26:13 WIB

JawaPos.com- Menjelang Natal di Malang Raya, pengamanan di gereja-gereja semakin ditingkatkan. Pengamanan tidak hanya melibatkan Polres Malang. Namun juga Batalyon B Satbrimob Pelopor Polda Jatim.

Brimob mengerahkan dua tim penjinak bom (Jibom) untuk sterilisasi ke gereja-gereja. Kanit Jibom Iptu Sumantri Wibisono menjelaskan, Brimob mendapatkan tugas untuk back up wilayah.

“Kami tim inti ada dua yang dikerahkan. Tugas Brimob hanya back up wilayah,” kata Sumantri, Rabu (19/12).

Dia jelaskan, untuk sterilisasi gereja perintah turun untuk tanggal 21, 23 dan 25 Desember. Sejauh ini, kata dia, sudah ada permintaan untuk sterilisasi di gereja-gereja.

“Malang Raya ada beberapa gereja yang akan disterilisasi. Kemungkinan ada 17 gereja yang akan kami sterilisasi,” imbuh Sumantri.

Tidak hanya Jibom saja yang disiagakan. Namun juga unit anti anarkis juga siaga. Mereka stand by di Polres yang ada di Malang Raya.

Sementara itu, Polres Malang juga semakin agresif melakukan patroli keamanan wilayah. Kabag Ops Kompol Sunardi Riyono menjelaskan, tempat yang menjadi sasaran mereka adalah tempat ibadah dan gereja.

Selain itu juga patroli keamanan di SPBU, bank dan minimarket. Juga ke rumah kosong yang ditinggalkan pemiliknya mudik.

“Soal patroli keamanan wilayah sudah kami lakukan sejak Jumat minggu lalu,” kata Sunardi, kepada JawaPos.com.

Soal sterilisasi gereja yang melibatkan Brimob, mulai dilakukan tanggal 24 dan 31 Desember. Di Kabupaten Malang akan ada delapan gereja yang sterilisasi melibatkan Brimob.

“Kalau untuk gereja lain tetap dilakukan sterilisasi oleh anggota Polres Malang dan Polsek dengan alat khusus,” tandasnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (tik/JPC)



Close Ads
Sterilisasi Gereja di Malang, Brimob Terjunkan Dua Tim Jibom