alexametrics

Sinkhole Surabaya, Soekarwo: Masalah Teknis Belum Bisa Dijelaskan

19 Desember 2018, 14:26:37 WIB

JawaPos.com – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo telah mengunjungi lokasi sinkhole Surabaya di Jalan Raya Gubeng, Rabu (19/12). Pejabat yang akrab disapa Pakde Karwo itu meninjau lokasi bersama dengan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Arif Rahman.

“Kami tadi sudah rapat teknis di Mapolrestabes Surabaya. Hasilnya, dari semua data yang sudah ada perlu dilengkapi dengan keterangan para ahli,” ujar Pakde Karwo kepada awak media.

Keterangan para ahli dibutuhkan untuk melengkapi data teknis. Mereka yang akan menjelaskan secara rinci apa yang menjadi penyebab amblesnya jalan sehingga menimbulkan sinkhole di jantung Kota Pahlawan.

Lantaran belum memperoleh keterangan dari ahli, politikus Partai Demokrat itu belum bisa menjelaskan penyebab jalan ambles. “Masalah teknis belum bisa dijelaskan kondisinya lebih jauh seperti apa,” imbuh Soekarwo.

Ditanya soal izin proyek, Pakde Karwo juga akan mendengarkan keterangan para ahli terlebih dahulu. Mereka ada yang berasal dari Surabaya maupun diundang dari Jakarta. “Izin pembangunan harus dijelaskan dulu para ahli. Nanti Pak Sekda yang akan menjelaskan itu,” katanya.

Sekarang yang menjadi prioritas adalah rehabilitasi Jalan Raya Gubeng. Semua tim sedang bekerja. Bila sudah diketahui penyebab amblesnya jalan, secepatnya bisa diputuskan bagaimana pemulihan jalan.

Proses rehabilitasi Jalan Raya Gubeng akan di bawah kendali Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. “Dikoordinasi Pemkot surabaya dengan dimonitori pak kapolda, pangdam, dan pemprov,” ucap Pakde Karwo.

Pakde Karwo tidak mematok deadline kapan proses rehabilitasi bisa dimulai. “Yang paling penting itu jangan sampai ini salah analisis. Polisi memanggil para ahli sesuai bidangnya itu sudah luar biasa,” ungkapnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Sinkhole Surabaya, Soekarwo: Masalah Teknis Belum Bisa Dijelaskan