alexametrics

Proyek Basement, DPRD Surabaya Endus Dugaan Permainan Anak Pejabat

19 Desember 2018, 16:08:06 WIB

JawaPos.com – Sinkhole Surabaya di Jalan Raya Gubeng diduga disebabkan proyek basement Rumah Sakit (RS) Siloam. Sejak awal, DPRD Kota Surabaya mencium adanya kejanggalan pada perizin proyek tersebut.

Ketua DPRD Surabaya Armuji menegaskan, pihaknya banyak mendapat keluhan investor terkait masalah perizinan pembangunan di Kota Pahlawan. Terutama yang menyangkut bangunan gedung tinggi dan basement.

“Biasanya mereka (investor) mengeluh lamanya proses izin, hampir satu tahun lebih. Nah, ini (proyek basement RS Siloam) izinnya cukup singkat sekali. Mungkin ini bisa cepat karena sulapan,” tegas Armuji saat meninjau lokasi sinkhole, Rabu (19/12).

Dewan akan secepatnya meminta laporan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terkait dengan proses perizinan proyek basement. “Nanti kami lihat, mulai saat masukkan berkas sampai keluarnya IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Ini (sinkhole) hal yang tidak wajar,” imbuh politikus PDIP tersebut.

Armuji sendiri menduga ada permainan di dalam proses izin proyek basement tersebut. Dia sudah mengendus adanya orang dalam yang punya jaringan kuat. Desas-desus itu sudah terdengar ke telinga dewan dan berhembus di internal pemkot.

Tanpa menyebut nama, Armuji mengaku mengetahui siapa sosok yang bermain. “Indikasinya ada permainan izin yang dilakukan anak seorang pejabat di Surabaya. Info ini sudah beredar di orang-orang pemkot, harus diselidiki,” sebutnya.

Kamis (20/12) besok, DPRD Surabaya akan memanggil kontraktor, konsultan, hingga perencana proyek. Anggota dewan juga akan memanggil pengawas Pemkot Surabaya yang mengeluarkan izin pembanguan proyek basement.

Langkah itu ditempuh untuk mencari tahu letak kesalahan birokrasi perizinan. “Kami ingin mendengar tahapan-tahapan proses perizinan itu dilalui secara prosedural atau tidak. Menurut saya ini keteledoran yang luar biasa,” ungkapnya.

Terkait dengan perizinan terhadap investor secara umum, Armuji meminta pemkot untuk instropeksi. Terutama bagi investor yang selama ini kesulitan mengurus izin.

Dampak sinkhole begitu besar dirasakan warga Surabaya. Terkait itu, DPRD Surabaya siap menampung keluhan warga. “Yang paling mendesak ini harus diusut dulu. Kalau soal keluhan, kami semua bisa lihat kantor-kantor tutup. Mereka sudah rugi. Kami akan dengarkan mereka,” ucapnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Proyek Basement, DPRD Surabaya Endus Dugaan Permainan Anak Pejabat