alexametrics
Sinkhole Surabaya

Polisi Duga Ada Kesalahan Pondasi RS Siloam, 11 Saksi Diperiksa

19 Desember 2018, 14:14:09 WIB

JawaPos.com – Polisi masih mengusut insiden lubang atau sinkhole Surabaya yang terjadi di ruas Jalan Raya Gubeng pukul 22.00 WIB kemarin (18/12). Polisi memanggil 11 saksi dari 3 perusahaan yang terkait dengan amblesnya jalan itu.

Mereka adalah kepala proyek, ketua pelaksana proyek dan saksi lain dari 3 perusahaan kontraktor yang terkait dengan proyek pembangunan lahan parkir di RS Siloam. Polisi meminta keterangan dari mereka terkait dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, pihaknya telah mendapat sejumlah fakta. Salah satunya, kesalahan pengerjaan pondasi pada proyek basement parking area di RS Siloam.

Polisi Duga Ada Kesalahan Pondasi RS Siloam, 11 Saksi Diperiksa
Polisi memanggil 11 saksi dari 3 perusahaan yang terkait dengan amblesnya jalan itu (Dida Tenola/JawaPos.com)

“Sejak Februari lalu, sudah ada yang memberitahu bahwa saat pemasangan paku bumi, keluar semburan air dari dalam tanah,” kata Luki di lokasi kejadian, Rabu (19/12).

Namun, Luki menyatakan belum menyimpulkan apakah hal itu yang memicu amblesnya Jalan Raya Gubeng. Ia akan merangkum dan mendiskusikan keterangan dari 11 saksi itu kepada beberapa saksi ahli.

“Kami akan rangkum hasil interogasi 11 orang. Disatukan dan nanti kami cek sesuai dari pimpinan proyek. Geologi Mabes Polri, Labfor, BPPT ITS nanti masih rembugan (diskusi) soal hasilnya,” kata Luki.

Pantauan JawaPos.com dilapangan, lokasi amblesnya jalan itu masih tertutup bagi semua pengendara dan warga sekitar. Petugas masih melakukan analisa konstruksi pondasi di titik longsor tanahnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Polisi Duga Ada Kesalahan Pondasi RS Siloam, 11 Saksi Diperiksa