alexametrics

Pasok Air di Sekitar Raya Gubeng, PDAM Siapkan Tangki

19 Desember 2018, 12:18:08 WIB

JawaPos.com – Dampak amblesnya Jalan Raya Gubeng, Surabaya, tidak hanya pada terputusnya jalur lalu lintas. Pasokan air di sekitar lokasi juga sudah diputus sejak tadi malam.

Pipa PDAM yang mengalir di bawah Jalan Raya Gubeng memang putus terkena tanah yang ambles. Pipa tersebut interkoneksi. Artinya, pipa tersambung dengan kawasan lain di Surabaya.

“Sekarang yang diputus hanya di sekitar lokasi. Ini kami sambungkan biar daerah lain masuk airnya,” terang SPV Sistem Distribusi PDAM Surya Sembada Surabaya Budi Wibowo, Rabu (19/12).

Pemutusan pipa yang melintas di bawah Raya Gubeng sengaja dilakukan. Sebab jika air terus mengalir, dikhawatirkan membuat kontur tanah basah.

Saat ini, pelanggan di sekitar Raya Gubeng tidak bisa mendapatkan aliran air PDAM. Beberapa lokasi yang terdampak antara lain di Jalan Jawa, Kalimantan, Nias, Bali, dan sekitarnya. Tidak hanya pelanggan rumah tangga yang pasokan airnya terganggu. Hal serupa juga terjadi pada hotel, kantor, hingga sekolah.

Untuk itu, PDAM Surya Sembada sudah mengambil langkah. “Kami usahakan supaya pelanggan di sekitar sini tetap dapat aliran air. Makanya kami siapkan mobil tangki,” tambahnya.

PDAM akan jemput bola. Tangki berukuran 5-6 meter kubik akan diantarkan langsung ke pelanggan. “Bila nanti ada komplain, kami akan bantu tangki,” ujarnya.

Tidak hanya hotel dan perkantoran yang akan dapat suplai air dari tangki. Rumah-rumah warga juga akan diperhatikan. “Rumah warga kalau memang punya tandon, akan kami masukkan langsung ke tandon,” pungkasnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Pasok Air di Sekitar Raya Gubeng, PDAM Siapkan Tangki